Sunday, October 4, 2015

Proyek No.32 : Nasi Kebuli



Sebelum Hari Raya Idul Adha kemarin, saya udah ancang-ancang bakal bikin sesuatu yang spesial. Menu Idul Adha kali ini saya pengen bikin Nasi Kebuli. Kayaknya enak banget makan nasi hangat berempah dengan potongan daging menyembul di mana-mana. Wangi rempahnya itu lho, hmm..sedap! Bikin saya teringat ke Alm. Nenek. Neneklah yang pertama kali memperkenalkan Nasi Kebuli di lidah saya. Rasa dan aroma masakan a la Timur Tengah yang khas itu melekat banget di ingatan saya. Tapi sayang, rencana menu Nasi Kebuli di hari raya batal, karena anak-anak malah ingin menu Ketupat. 

Dan pagi tadi saya pun berhasil menjalankan proyek Nasi Kebuli yang tertunda itu. Ini pertama kalinya saya bikin Nasi Kebuli dan alhamdulillah, ternyata bisa dan berhasil! Resepnya saya modif dari beberapa resep yang ada. Versi saya, nggak pakai kismis tapi saya tambahkan kacang merah. Karena improvisasi, maka dalam perjalanannya kadang saya harus menambahkan lagi beberapa bumbu ke dalam panci, seperti kayu manis, cengkeh, pala dan lainnya. Malah sampai ada yang kelupaan dicemplungin, saking banyaknya rempah yang dipake, hehe. Jadi kalo di fotonya nanti ada beberapa bumbu yang nggak keliatan, bukan berarti nggak pake bumbu itu ya? Itu karena kelupaan dan baru dicemplungin setelah selesai difoto. Karena tolak ukur nya adalah Nasi Kebuli Nenek, maka ketika aroma rempahnya nggak seharum buatan beliau, maka saya tambahkan lagi jumlah rempahnya. 

Meskipun terkesan ribet, tapi percaya deh, nggak sesusah itu membuatnya. Bisa dibikin praktis kok. Saya aja bikinnya di Rice Cooker/Magic Jar dan bumbunya saya halusin pake blender (belum punya food procesor euy ). Bumbu yang dipakai memang lumayan banyak macamnya, tapi hasilnya worth it. Pantas Nasi Kebuli diistimewakan karena memang rasa dan aromanya benar-benar istimewa. Yuk dicoba!






Resep Nasi Kebuli

Bahan :
  • 5 gelas (takar magic jar) beras atau 1kg beras
  • 500gr-800gr daging sapi, potong-potong, rebus dengan 3-4 liter air hingga empuk  dengan diberi 2 sdm garam atau sesuai selera, masak hingga  air kaldunya menyusut sekitar 1 liter
  • 250gr-500gr kacang merah, rebus hingga empuk
  • 2 batang daun sereh, geprek
  • 4 lbr daun jeruk
  • 4 lbr daun salam
  • 5 bh cengkeh
  • 5 bh kapulaga
  • 2 bh kayu manis
  • 2 bh pekak/bunga lawang
  • 1/2 bh pala, parut
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 350ml-500ml susu cair
  • 1 sdm garam
  • 1/2 sdm gula
  • Bawang goreng
  • Acar
  • Emping goreng
Bumbu halus (blender):
  • 5 bawang merah
  • 5 bawang putih
  • 3 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • 1/2 sdt jinten
  • 1/2 sdt adas
  • 1 sdm ketumbar
Cara membuat :

  1. Dengan memakai panci rice cooker/magic jar, panaskan 5 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus di atas api sedang hingga harum
  2. Tambahkan daun salam, daun jeruk, sereh, cengkeh, pekak, kapulaga dan kayu manis. Aduk-aduk sebentar
  3. Masukan daging beserta kaldunya. Aduk-aduk
  4. Masukan kacang merah. Aduk-aduk. Tunggu hingga kuah menyusut
  5. Tambahkan susu cair, garam dan gula. Aduk hingga mendidih.
  6. Matikan api, masukan beras yang telah dicuci. Aduk hingga tercampur rata. Ukur ketinggian air seperti biasa menanak nasi. Jika susunya kurang, bisa ditambahkan kembali. 
  7. Angkat panci dari kompor lalu masukan ke dalam rice cooker/magic jar. Tekan tombol 'cook'  dan tunggu hingga matang (posisi warm)
  8. Setelah matang, aduk nasi perlahan. Diamkan beberapa saat di rice cooker/magic jar
  9. Sajikan dengan taburan bawang goreng, acar dan emping goreng












1 comment: