Tuesday, October 21, 2014

Proyek No.9 : Kongnamul Guk, Sayur Toge Ala Korea





Suka nonton drama Korea? Nah, buat penyuka drama Korea pasti sudah familiar dengan masakan dan kebiasaan orang Korea saat makan. Orang Korea kalo makan, meja makannya selalu penuh dengan sajian masakan yang ditata di piring dan mangkok kecil-kecil. Macemnya banyak bener dan selalu bikin ngiler.

Nah, ada satu sayuran yang tak asing bagi kita orang Indonesia, yang ternyata disajikan juga di meja makan orang-orang Korea. Yap, Sayur Toge. Saya pernah liat di beberapa drama Korea, ada sajian Sayur Toge bening nyempil diantara sebegitu beragamnya masakan rumahan Korea. Dan akhirnya tanpa sengaja, saya berhasil menemukan istilah Sayur Toge khas Korea ini berikut cara membuatnya. Namanya Kongnamul Guk alias Sup Kecambah Kacang Kedelai atau Sayur Toge-lah gampangnya mah, hehehe.

Cara masaknya cukup unik dan si Toge-nya pun bukan Toge yang berasal dari Kacang Hijau, kecil-kecil yang biasa kita masak sehari-hari, melainkan Toge kecambah Kacang Kedelai. Untungnya di tukang sayur komplek sering jual Toge bongsor begini. Mungkin karena tau ada warga komplek sini yang bersuamikan orang Korea, jadi nih Toge selalu ready stock diantara sayuran lain.

Masak Kongnamul Guk ini simpel banget dan bumbu dapurnya juga minimalis. Selain Toge Kacang Kedelai, bahan lainnya adalah ikan teri, bawang putih, daun bawang, garam dan lada. Biar nggak terlalu polos, saya tambahkan irisan cabe merah. Pertama, cuci ikan teri dan cincang bawang putih. Masukan keduanya ke dalam panci yang telah diisi air sekitar 3 gelas. Rebus selama kurang lebih 5 menit untuk menghasilkan kaldu ikan teri. Saring, lalu airnya dimasak bersama si Toge.

Ada satu syarat untuk memasak Kongnamul Guk ini yaitu saat dimasak, pancinya harus dalam kondisi tertutup. Jadi ketika Toge-nya mulai dicemplungin ke air kaldu ikan teri, langsung pancinya kita tutup selama kurang lebih 7-10 menit. Katanya sih, supaya sayurnya nanti nggak bau, soalnya si Toge ini bakal mengeluarkan bau yang kurang sedap saat dimasak. Setelah matang, masukan daun bawang, cabe merah dan lada.

Tadaa, Kongnamul Guk siap dihidangkan. Rasanya? Enak lho. Kuahnya gurih meskipun Toge-nya jadi kelewat lemes saking kelamaan direbus. Tapi krenyes-krenyesnya masih dapet kok dari pentul kecambahnya. Sedikit mirip dengan sayur bening bayam, tapi Kongnamul Guk ini jauh lebih gurih. Ayo dicoba!


Resep Kongnamul Guk

Bahan :

  • Toge Kacang Kedelai, sekepal. Cuci dan lepaskan kulit halus yang menempel pada pentul kecambahnya.
  • 7-10 buah Ikan Teri (Jengki), cuci sebentar.
  • 1 buah bawang putih, geprek, cincang kasar.
  • Bawang daun iris secukupnya
  • Cabe merah iris secukupnya
  • Garam dan lada secukupnya

Cara membuat :

  1. Rebus ikan teri dan bawang putih dalam panci berisi air sekitar 3 gelas. Rebus selama kurang lebih 5 menit. Saring. Didihkan lagi.
  2. Masukan Toge dan garam ke dalam air kaldu teri yang sudah disaring tadi. Tutup panci selama kurang lebih 7 menit. Jangan dibuka agar bau kurang sedap kecambahnya tidak menempel di sayur.
  3. Buka tutup panci, masukan daun bawang, cabe merah dan lada. Sesuaikan lagi garamnya bila kurang pas. Tunggu 1 menit, matikan api.
  4. Tuang ke dalam mangkuk, sajikan.










5 comments:

  1. Replies
    1. Hmmm, resep otentiknya sih pake ikan teri, Mba. Saya sendiri belum pernah nyoba dengan ebi, karena ebi malah susah nemunya di tukang sayur :) Tapi kalo mau dicoba, silakan...

      Delete
  2. Replies
    1. Maaf baru balas. Yang saya buat itu untuk sekitar 2-3 porsi, Mba 😊

      Delete
  3. Nice artikel nya mba ria 👍👍...

    Barangkali membutuhkan kongnamul ( Tauge kedelai ) area Bandung bisa hubungi 0812-2069-6440

    ReplyDelete