Monday, October 19, 2015

Soto Bandung


Ini salah satu resep yang lupa di-posting, hehe baru ngeh saat saya ngubek-ngubek isi blog saya. Kok Soto Bandung nggak ada ya, padahal fotonya udah lama disimpen. Setelah diingat-ingat ternyata saya memang sengaja belum posting resep yang satu itu, karena pengen melengkapinya  dengan foto step by step cara memasaknya. Waktu bikin tuh soto memang nggak sempet ngambil foto proses bikinnya karena riweuh. Maunya nanti nyusul aja pas bikin soto lagi. Tapi ternyata, malahan nggak sempet dan akhirnya lupa. Hadeuh. Padahal Soto Bandung ini adalah salah satu menu andalan saya di rumah khususnya saat hari raya.

Soto Bandung ini salah satu soto favorit saya, kenapa? Karena kuahnya bening tapi rasanya gurih banget, terlebih kalo disantap pake sambel rawit yang pedas, huih mantap! Ciri khas dari Soto Bandung memang selain kuahnya bening adalah adanya taburan kacang kedelai goreng dan irisan lobak. Akan tambah segar kalo diberi sedikit cuka atau air jeruk nipis. Hmm yummy! Kenapa juga saya suguhkan jadi sajian utama di hari raya? Karena biasanya, semua menu lebaran itu rata-rata berbumbu berat dan bersantan kental, kayak Opor Ayam, Sayur Godog, Semur, Rendang, Sambal Goreng, dll...nah, Soto Bandung ini jadi pilihan manakala blenek sama yang bersantan-santan. Suami saya cenderung memilih Soto Bandung dibanding Opor Ayam saat makan ketupat. Selain karena menghindari kolesterol, juga karena rasanya yang 'light' dan gurih, nggak bikin enek saat dipadu dengan Semur atau Sambal Goreng Kentang. Mau coba bikin Soto Bandung? Hayu, gampang kok bikinnya dan bumbunya juga simpel. Dijamin ketagihan deh!

Resep Soto Bandung

Bahan :
1 kg daging sapi, iris-iris lalu rebus setengah matang (beri garam secukupnya). Angkat lalu potong dadu, sisihkan bersama air rebusan kaldunya.
2 batang serai
3 cm lengkuas, geprek
3 cm jahe, geprek
3 lbr daun salam
1-2 sdm garam
1 sdm gula pasir
1 sdt kaldu bubuk (optional)

Bumbu halus :
4 bh bawang merah
4 bh bawang putih

Pelengkap :
1 batang bawang daun, iris tipis
2 batang seledri, iris tipis
1 bh lobak (buang kulitnya, iris tipis-tipis, rebus lobak hingga terlihat transparan)
Kacang kedelai goreng (rendam kacang kedelai dengan air hangat hingga mekar, goreng)
Bawang goreng
Sambel cabe rawit (rebus cabe rawit merah, ulek, beri sedikit air, garam dan cuka)
Irisan Jeruk nipis/cuka

Cara membuat :
  1. Siapkan panci, beri minyak goreng secukupnya, tumis bumbu halus hingga wangi
  2. Masukan daging beserta air rebusan kaldunya. Tambahkan air lagi sesuai selera. Masukan daun salam, serai, lengkuas, jahe, garam dan gula. Masak hingga daging empuk. Jika kuah menyusut, bisa tambahkan air lagi. Cek rasa.
  3. Siapkan mangkuk, sajikan soto bersama lobak, kacang kedelai, taburan bawang daun, seledri dan bawang goreng. Beri jeruk nipis/cuka dan sambel bila suka.

 

1 comment: