Sunday, October 25, 2015

Pityriasis Rosea, Pity You, Ria!



Sebelumnya maaf ya kalo foto di atas terlihat cukup horor dan menjijikkan. Bukan, itu bukan Panu tapi namanya Pityriasis Rosea. Apa sih Pityriasis Rosea? Nah itu dia, biar pada ngeh sama penyakit kulit yang satu ini maka mau saya sharing. Apa, penyakit kulit? Hiii, ngapain dibahas di sini? Kenapa pula mesti disharing? Mungkin pada bingung dan ilfil ya liat tulisan saya kali ini. Well, buat yang nggak tertarik dengan tulisan saya kali ini, boleh skip kok, tapi percayalah, isinya bermanfaat. Apalagi buat mereka yang tengah kebingungan, seperti halnya saya dulu saat terkena penyakit ini. 

Jadi awalnya saya heran saat ngeliat pergelangan tangan saya tiba-tiba berbintik-bintik merah. Bentuknya kecil-kecil, mirip bekas digigit nyamuk. Oke, saya digigitin sekawanan nyamuk, begitu pikir saya. Karena memang terasa gatal, sesekali. Tapiii, ternyata saat mandi, saya baru ngeh ternyata si bintik-bintik ini sudah lebih dulu muncul di bagian lain yaitu di punggung, perut dan paha. Terbukti karena bentuk bintiknya lebih lebar dibanding dengan yang di pergelangan tangan dan warna berubah jadi pink. Jumlahnya nggak banyak, hanya beberapa spot saja, tapi lumayan bikin saya panik. Malah saya nemu yang lebih besar lagi bentuknya, ya seperti foto di atas tadi. Ya ampun, saya kena penyakit Panu yang massive!

Hah? Kok jorok sih kena Panu! Aduuh, saya kan rajin mandi dan jaga kebersihan badan. Alhasil saya pun diam-diam mengoleskan salep anti jamur ke spot-spot pink di sekujur tubuh, takut makin melebar. Saya pun mulai memisahkan pakaian kotor saya dengan pakaian lain saat mencuci baju. Mandi pun jadi  memilih pakai sabun khusus kesehatan dan nggak berani jemur handuk dekat handuk lain.Takut penyakit kulit saya menular ke anak-anak dan suami. 

Saya pun mulai Googling di internet, ini penyakit kulit jenis apa. Masalahnya kok bentuknya berubah,  yang awalnya bintik kecil kemudian berubah jadi kayak cacar lalu berakhir jadi bersisik kayak Panu. Diberi obat anti jamur pun kok kayaknya nggak ada perubahan apa-apa. Mandi pake sabun kesehatan yang mengandung apalah gitu, kok tetep aja bintiknya malah makin banyak. Ini kenapa??? Saya belum berani ke dokter. Saya akan cari tahu sendiri, siapa tahu bisa diobati tanpa pake resep dokter. Maka satu per satu penyakit kulit saya cari tahu di internet. Harus kuat lihat foto-foto yang lumayan 'mengerikan' terpampang di layar monitor laptop, demi menyelidiki jenis penyakit kulit yang saya derita. Dan akhirnya saya menemukan satu jenis penyakit kulit yang bentuknya mirip dengan yang  saya alami yaitu Pityriasis Rosea. Sekilas saya baca, namun intinya penyakit ini adalah penyakit kulit yang tidak menular dan bisa sembuh sendiri. Penyebabnya virus yang belum diketahui dan bisa menyerang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Oke, mungkin jenis yang menyerang saya ini Pityriasis Rosea, tidak menular dan sembuh sendiri. Aman, pikir saya saat itu. Kayaknya sih iya terkena Pityriasis Rosea, jadi nggak usah ke dokter kan? Saya keukeuh nggak mau ke dokter saat itu.

Tapiii...setelah hampir 3 minggu nggak ada perubahan dan salep anti jamur udah habis 1 tube, dan suami serta anak-anak mulai ngeh badan saya dipenuhi dengan bintik-bintik mengerikan, dan saya mulai kegatelan serta obat Caladine mulai habis, akhirnya saya pun menyerah dan pergi juga ke dokter kulit. Baiklah saya ke dokter kulit, tapi saya nggak mau dokter kulit laki-laki. Harus perempuan karena yakin badan saya pasti bakal diperiksa semua. Semua spot bakal diobservasi sama si dokter kulit. Jadilah saya pergi ke Rumah Sakit Siloam yang lumayan dekat dari rumah. Saya pilih dokter kulit perempuan.

Begitu masuk ruang dokter, saya agak kaget juga. Rupanya ada dua orang calon dokter, mahasiswa kedokteran Universitas Pelita Harapan sepertinya, yang ikut hadir di situ. Satu mahasiswi dan satu mahasiswa. Waduh, bagaimana ini. Habislah saya nanti diobservasi mereka, apalagi yang satu mahasiwa. Duuh mau bagaimana lagi, sudah kadung masuk. Kondisi darurat, nggak papalah, Bismillah aja. Saya pun langsung duduk berhadapan dengan  Bu Dokter Kulit yang nampak sudah sangat senior, sementara dua orang mahasiswa magangnya duduk tak jauh dari situ memperhatikan saya.

"Kenapa, Bu?"
"Ini Dok, badan saya kok banyak bintik-bintik ya, kayak cacar tapi nggak berair..."
"Coba seperti apa?"

Saya pun menyodorkan lengan saya ke arah Bu Dokter. Bu Dokter langsung memeriksa sejenak, lalu sejurus menatap saya sambil tersenyum.

"Waduh, Ibu kecapean, ya? Ibu stress ya?

Hah? Kok nanya itu sih Bu Dokter-nya. Saya pun cengar-cengir. Gimana ya, iya sih, belakangan ini saya kembali jadi 'Tukang Ojek' anak-anak setelah vakum hampir 5 tahun. Saya mulai antar jemput sekolah anak saya, Zaki, yang jaraknya kurang lebih 13 km. Balik lagi ke rumah jadi sekitar 26 km. Habis itu lanjut nganter Si Teteh Zulfa sekolah yang jaraknya 1 km. Balik lagi ke rumah jadi 2 km. Total tiap pagi saya 'momotoran' 28 km. Belum jemputnya lagi nanti sore. Totalin sendiri deh, haha.. lumayan beratkan hidup saya? (hiks, nasib ga bisa nyetir mobil). Ya pokoknya intinya bener saya kecapean.

"Jadi nama penyakit kulit Ibu ini kedengerannya sih keren, Pityriasis Rosea. Menyerang saat kondisi atau imunitas seseorang sedang lemah. Bisa karena kecapean atau stress"

Tuh kan bener! Pityriasis Rosea kan? Hadeuuh, tau kayak gini mending nggak usah ke dokter ya, soalnya kan sembuh sendiri, hehe (dan saat bayar di kasir, ternyata biayanya lumayan mahal, untuk  dokter plus obat total hampir 500 ribu! *Glek). Akhirnya saya pun pasrah waktu Bu Dokter memeriksa tubuh saya. Seolah saya ini jadi alat peraga, ruam-ruam yang menghiasi beberapa bagian tubuh saya pun ditelisik dan diterangkan pada dokter magangnya. 

Jadi persis seperti yang saya baca di internet kemarin, Si Pity-pity ini penyebabnya adalah virus yang belum diketahui jenisnya. Penyakit kulit yang satu ini dapat sembuh sendiri (self limited) dan tidak menular. Biasanya akan sembuh dalam jangka waktu 2-8 minggu bahkan bisa berbulan-bulan tergantung kondisi seseorang. Menurut Si Bu Dokter ini, ruam-ruam kecil berwarna pink ini biasanya akan disertai dengan satu ruam yang cukup besar yang disebut induk (Herald Patch). Jadi awalnya muncul induknya dulu (seperti pada gambar di atas), setelah itu barulah bermunculan bintik-bintik kecil lainnya menyebar. Akan terasa gatal manakala tubuh kita berkeringat atau basah dan biasanya terjadi menjelang malam hari. Obat yang diberikan pun hanya berupa anti alergi, vitamin dan salep untuk mengurangi rasa gatal. Tidak ada antibiotik atau obat yang langsung bisa menghentikan penyebaran Si Pity-pity ini. 

Obat yang diberikan dokter kulit

Saya sendiri baru denger ada penyakit kulit seperti ini dan cukup melegakan karena ternyata tidak menular ke orang lain dan sembuh sendiri tanpa meninggalkan bekas. Tapi memang butuh kesabaran tinggi karena selama berminggu-minggu, saya harus bertahan dari gempuran rasa gatal dan ketidak nyamanan melihat ruam-ruam kecil menyebar dan bersisik seperti Panu. Kulit mulus pun berubah jadi burik selama berminggu-minggu, uh! Tapi Alhamdulillah, akhirnya penderitaan saya berakhir di minggu ke-9 (2 bulan 1 minggu). Perlahan-lahan, ruamnya mulai mengering dan akhirnya benar-benar hilang tak berbekas. Saran dari dokter sih, makanlah secara teratur, jaga stamina tubuh agar tidak drop dan hindari hal-hal yang bisa menyebabkan stress. Jadi jangan terlalu cape atau stress ya! Biar nggak kena Pityriasis Rosea kayak saya, karena rasanya beneran nggak enak dan tersiksa! :)






184 comments:

  1. Btw saya lagi ngalamin si pity pity ini mba wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya? Udah minggu ke berapa mba? Hehehe, sabar sesabar-sabarnya ya mba. Gatel-nya itu lho, hadeuhh...pokoknya jangan stres, istirahat yang cukup. Semoga cepet sembuh yaaa!

      Delete
    2. saya lagi ngalamin ini mba...saya pikir gatelan apa,udah beli obat apotik ngga sembuh2 malah yang kecil2 jd banyak...gambarnya si persis ky gtu,,,cuma kalo aku ada yg udah bekas jd wrna coklat2 gtu mba....

      Delete
  2. Iyaa Benar bgt... Aku jg ngalamin penyakit ini... Untungnya tdk menular deh... Seperti yg dibilang penyakit ini timbul kalo kita dalam kondisi Capek Dan stress.... Aku berobat ke RS Permata cibubur sama Dr Inong... Alhamdulillah jarang2 kumat Skrng... Tgl kitanya aja yg hrs jaga kondisi Kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, iya mba Donna kitanya harus jaga kesehatan. Jangan kecapean, jangan telat makan, jangan terlalu dipikiriiin banget kalo lagi kena masalah. Tetep berpikir positif pokoknya.

      Delete
  3. Saya lagi ngalamin ni mba..udabhampir 7 minggu tp blum adactanda2 sembuh...bagi2 info obatnya dunk mba

    ReplyDelete
  4. Saya lagi ngalamin ni mba..udabhampir 7 minggu tp blum adactanda2 sembuh...bagi2 info obatnya dunk mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh sabar ya, tiap orang mungkin berbeda kondisinya. Jangan kecapean sama jauh-jauhin sumber stresnya aja coba deh. Untuk obatnya cukup minum multivitamin aja, banyak kok merknya di pasaran kayak Renovit, Imboost, Ester C, Stimuno, dll. Saya dulu sama dokternya dikasih multivitamin aja. Ada juga obat alergi sama salepnya, tapi nggak ngaruh tuh. Tetep aja bermunculan bintik-bintiknya. Sementara kalo untuk mengurangi gatalnya,cukup dikasih bedak anti gatal aja kayak bedak untuk biang keringat. Tetep smangat ya, semoga cepat sembuh!

      Delete
  5. Makasi mbak info nya,sempet panik juga.sudah 3 minggu di kasi apa2 gak sembuh2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2. Pokoknya hilangin sumber stresnya, minum multivitamin, istirahat yang cukup plus sabar aja. Karena memang sembuhnya agak lama. Tetap smangat ya, jangan panik lagi, hehe πŸ˜‰πŸ‘

      Delete
  6. Hai Mba Ria, aku baru aja ngalamin gejala yang sama... aku udah ke dokter seminggu lalu dan didiagnosis cacar air... setelah obat habis, aku ragu karena gak seperti cacar yang kebanyakan orang alami... setelah baca2 di internet dan terutama blog Mba Ria ini, aku jadi semakin yakin gejala yang aku alami mirip banget sama Pityriasis Rosea ini.. dan malam ini aku akan ke dokter lain untuk 2nd opinion (dari dokter sebelumnya yang aku curiga dia salah diagnosis)... Terima kasih atas tulisan Mba Ria yang informatif...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama Mas Hadi, senang bisa berbagi pengalaman. Gimana 2nd opinion-nya? Apa kata dokternya? Kalo memang bener Si Pity-pity, sabar ya. Istirahat dan jangan stres. Smangat!πŸ’ͺ😊

      Delete
  7. Makasih mba, komplit penjelasannya. Saya sedang ngalami jg ini, kmrn ke dokter dibilang penyakit autoimune, cm dikasih obat gatal aja.
    Tp ga puas dg diagnosa dokternya, cz dokter umum sih.
    Baca penjelasa & gambar2 nya mba, jd yakin, klw ini jg pityriasis rosea (tau namanya jg dr google).
    Makasih ya sdh berbagi infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama Mba Dian. Pokoknya yang sabar ya mba, karena memang pulihnya lumayan lama sampe 2 bulanan. Minum multivitamin aja mba jangan lupa. Semoga lekas sembuh ya!😊

      Delete
  8. trimakasih banget udah jelasin tentang penyakit pity ini,
    ini info sangat membantu.soalnya saya lagi ngalamin.karna kecapen,dan kurang istirahat.awalnya saya sangat panik,takut nantinya tmen-temen saya jadi menjauh dari saya.sekalilagi trimakasih banyak mbak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2 Mas Saef, saya juga dulu panik takut nular. Sabar ya. Mudah2an lekas sembuh!😊

      Delete
  9. Aku ini lagi minggu ke 4 mbak...gatal banget.. Hiks

    ReplyDelete
  10. Sabar ya Mas Anis, emang gatalnya nyiksa banget. Keringatlah yang bikin tambah gatal, jadi kalo bisa sering dilap atau ditaburi bedak aja biar agak enakan. Sabar ya, semoga cepet berakhir pity2-nya. Smangat!πŸ’ͺ😊

    ReplyDelete
  11. Hello saya dari Malaysia. Saya pun mengalami penyakit yg sama. Gatalnya sangat. Sudah ke doktor. Gatalnya tidak ada setelah habis ubatnya doktor. Namun setelah satu minggu gatalnya kembali. Ubat doktor mahal banget, nggak mahu ke doktor. Terus harus gimana ya? Kerana sudah berlarutan hampir 3 bulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Nabila! Maaf terlambat balasnya.Bagaimana, sudah sembuhkah penyakit gatalnya? Memang lumayan lama sembuhnya, tergantung kondisi individunya juga. Yang penting hilangkan stres dan letihnya dahulu. Biasanya ketika stres mulai hilang, gatalnya pun mulai berkurang. Imbangi dengan makanan sehat dan multivitamin. Semoga cepat sembuh! 😊

      Delete
  12. bentuknya sama kaya yang lagi saya alami mba. rasanya nyisak banget. suhu badan saya sering panas, kenapa ya mba? kalo cape langsung drop lemasnya, tulang2 rasanya ngilu. rambutpun jadi rontok, apa karna saya terlalu kepikiran ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Nana, maaf baru balas. Betul mba, kadang badan terasa panas tapi nggak sampe demam sih kalo saya. Rambut rontok dan linu juga saya nggak ngalamin. Sepertinya memang tergantung kondisi fisik dan tingkat kestresannya juga ya mba. Hayo, mba kayaknya stres banget tuh, hehe. Tetap berfikir positif dan bawa santai aja. Semoga sekarang sudah sembuh ya, smangat! πŸ’ͺ😊

      Delete
  13. Sama aku jga kena udah dua mingguan
    Seminggu kena Awal periksa ke puskesmas kristus radja, katadokter kena jamuran trus bsoknya pas kringetan gatek bgt, trus akhirnya ke RSU adi husada kapasari, poli kulit trus dokternya bilang kena virus yg blum di ktahui namanya
    Bodohnya aku g nanya nama penyakitnya
    Tp kta dokternya itu bklan nyebar klo sistem tubuh lgi down
    Makanya di suruh konsumsi vitamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya aku awalnya aku kira gatel gra2 line bra tp baru tau di bilangin kaka klo kulitku kyak panuan

      Delete
    2. Hai hai Alvi! Maaf baru balas, gimana sudah sembuh? Betul, bakal nyerang saat kondisi tubuh kita lagi down, bentuknya memang sekilas mirip panu dan gatal. Ya, minum multivitamin udah bener sama hilangin 'down'nya. Semoga udah berakhir ya! 😊

      Delete
  14. Alhamdulillah sedikit tenang setelah nemu tulisan ini. Anak sy yg insya Allah berumur 5 tahun kurang 3 minggu terkena penyakit ini. Awalnya panik banget. Smp akhirnya berobat, dikasih obat gatel, antibiotik. Bedak gatel, sabun mandi tanpa deterjen tp kok ttp aj gk hilang malah tambah menyebar kemana2. Dokter bilang c ini virus yg dibawa dr udara atau air. Rasanya gk nyaman bgt ngeliatin sekecil badannya begitu. Pertamanya mmg betul bgt ada induk yg besar sprt panu trs lama2 menyebar kemana2 tanda merah kecil bersisik pula. Sudah 2 minggu c kecil msh seperti ini. Tp klo mmg bisa hilang sendiri mudah2n bisa seperti itu. Tp klo penyebabnya karena kecapean dan stress apa mungkin ank kecil bisa stress?? πŸ˜… ap ad yg salah dgn pola didik sy? 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Sesi, iya pemicunya mungkin tiap orang berbeda-beda. Ada yang karena kecapean, ada yang karena stres dan adanya juga yang karena sistem imunnya lagi terganggu.Nah mungkin yang terjadi pada ananda bukan karena kecapean ato stres, tapi kebetulan lagi drop aja hingga terkena virus.Yang sabar ya, mba. Pasti nggak tega liat ananda kegatelan. Tapi semoga kondisinya sekarang sudah membaik ya?

      Delete
  15. saya sekarang sedang mengalami sakit yang sama mbaa. saya mengidap penyakit ini udah 3minggu mba . awal nya saya bingung ini gejala penyakit apa sampai sampai saya drop karna membaca suatu blog yang isi nya menunjukan suatu penyakit serius, tapi penyakit tersebut yang di sebab kan karna hubungan intim, sedangkan saya baru berusia 24 tahun dan belum menikah . dan saya yakin tidak pernah berhubungan dengan orang yang mengidap penyakit ganas tersebut. dan setelah saya baca blog nya mbaa ria ini, saya mengerti sakit saya sekarang apa . ternyata emang factor kelelahan dan stress. setiap masalah pasti saya pikirkan . dan saya orang nya gampang cemas dan stres. terima kasih ya mba ria atas info penyakit nya . dan saya merasa lega . semoga penyakit ini cepat menghilang dari tubuh saya . amien

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, iya sama-sama. Masalahnya pasti berat ya? Hehe, sabar ya mas, pokoknya jangan terlalu dipikirin. Bawa santai aja, pasti baik2 aja kok. Semoga cepat sembuh ya, smangat!😊

      Delete
  16. Mbaaaakkk. Aku kena juga nih. Awalnya kirain kurap gitu. Beli anti jamur segala rupa, tapi ga sembuh. Cari2 nemu nih, si pity pity. Masih belum yakin dan alhamdulillah nemu blog mbak. Wah, ternyata karena kecapean atau stres ya? Beneran ini bakal ilang? Soalnya ada yang aku garuk terus luka gitu. Aaaa... Ga tahan abisan. Moga2 ilang beneran ya Allah. Sedih banget liat badan. :'( Btw mbak itu obatnya ngaruh ga? Aku cuma minum acylovir doang sama salepnya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hei iyaaaa Mbak Ana, hehe beneran ilang kok, 100% dijamin! Cuma memang harus sabaaar banget karena sembuhnya agak lama.Kalo bisa sih jangan digaruk, diusap2 aja sambil ditaburi bedak biar nggak luka. Hmm, nggak begitu ngaruh sih karena yg dikasih dokter cuma multivitamin aja. Intinya jangan sampe badan kita drop. Pokoknya santai aja, jangan terlalu dipikirin kalo lagi ada masalah. Jadi, sabar ya say, InsyaAllah ilang nggak kan berbekas kok. Tetap smangat!��

      Delete
  17. Alhamdulillah,,, terjawab semua gundah gelisahku,, ternyata aku mengalami ini juga mb ria, aku pikir panu atau kurap..diobatin obat jamur ga ngaruh Mba,, sudah sempet mikir aneh2 aja aku mb... Alhamdulillah nemu tulisan mb ria... Jadi tau harus apa, Dan tenang skrg, sambil menunggu pulih spt sedia kala ,, mksh bgt loh mb ria πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2, mba Riesty. Alhamdulillah bisa sedikit berbagi cerita.Dulu juga saya sama bingungnya kayak mba Riesty. Semoga cepat sembuh ya, tetap sabar dan semangat!����

      Delete
  18. Haloo Mbak Ria, kenalkan nama Saya Laksita. makasih banget buat sharing pengalamannya, bermanfaat banget karena saat ini saya jg lagi terserang nih pity-pity hahaha, jadi agak lega karena gak bahaya juga. udah mulai masuk minggu ketiga Mbak, dan kadang gatalnya sampe gak tahan... Mau nanya sih mbak, itu ruam merah2nya kalau udah kering kayak kulit di sekitarnya mengelupas gitu gak Mbak? Kadang itu bikin gatel juga pengen garuk Dan rasanya ngeri sendiri kalau liat banyak putih2 ngelupas gitu di badan hahah.. terus misal kalau sudah mau sembuh itu nanti ciri2nya kayak gimana ya Mbak? Misalnya udah kering, warnanya menghitam atau gimana... Thank you Mbak, moga saya juga bisa cepat sembuh ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga Laksita! Iya nanti akan ngelupas sendiri kok. Kalo gatel, ditaburi bedak trus diusap-usap aja jangan digaruk. Kalo digaruk khawatir malah jadi lecet.Kalo nggak tahan, bawa mandi aja biar enakan.Trus kalo mau sembuh, biasanya keliatan dari warnanya yang mulai memucat dan nggak ada lagi yang ngelupas. Nggak menghitam tapi cenderung kayak krem, keliatan kayak keriput2 halus gitu. Bisa diliat foto yang minggu ke-7 & 9.
      Iya sama2, semoga cepat sembuh ya, sabar & fighting! ����

      Delete
  19. Terima kasih atas info dan sharingnya mbak Ria.. kebetulan saya lagi kena juga nih, udah sekitar 2 mingguan. Mau tanya mbak, waktu itu mbak Ria kenanya ke seluruh badan juga ya? Dada, perut, punggung, paha? Terus kalo udah mau sembuh kaya kulit kering hampir rata gitu ya mbak di badan? Jadi berasa nambah gatelnya? Maaf ya mbak kalo banyak tanya.. sekali lagi terima kasih info dan sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Vendy! Iya, dulu kena ke seluruh tubuh kayak kaki, paha, perut, punggung, dada, lengan, hanya muka yang nggak kena. Betul, kalo mau sembuh nanti bakal terlihat mengering kayak keriput2 halus dan itu hampir merata di seluruh tubuh. Tapi jangan khawatir, akhirnya hilang nggak berbekas kok, mulus lagi seperti biasa. Gatalnya justru semakin berkurang kalo mau sembuh. Nggak kan segatal di awal2 penyebaran yang...ampun2an itu ��.

      Nggak papa, seneng justru bisa sedikit berbagi cerita. Semoga cepet sembuh yaa! Hilangin stres tuh, hehe. Smangat! ��

      Delete
    2. Thank you udah dibales mbak Ria..
      Ini makin lama merahnya makin merata gitu ya mbak? Sebelum lama2 memucat dan ilang?
      Kalo mbak Ria dulu di minggu ke-7 sebenernya udah mulai ilang ya? Tapi bener2 ilang totalnya minggu ke-9?
      Iya nih, kayanya gara2 stress deh jadi kena kaya gini, hehehe...

      Delete
    3. Yup betul, nanti ruam2 merahnya bakal menyebar rata sampai akhirnya memucat dan menghilang sendiri. Iyaa di minggu ke 7 udah mulai sembuh tuh, ruamnya mulai keliatan hilang dan gatelnya berkurang. Di minggu ke 9, masih kelihatan bekas kerutan2 halus warna agak krem2 gitu dan gatel udah nggak ada sama sekali. Nah di minggu ke 10 (nggak ada fotonya ya, hehe), udah totally hilang semua bekas ruamnya, kulit udah mulus lagi seperti sedia kala.

      Iyaa, awalnya bisa dari stres trus akhirnya lupa sama badan sendiri. Nggak nafsu makan, kurang tidur, dll akhirnya badan jadi drop deh. Gitu nggak? Hehe, ayo smangat lagi! Semoga cepat sembuh ya Vendy, sabaaar! ��

      Delete
    4. Iya nih mbak, stress gara2 feeling lonely deh kayanya (malah curhat, wkwkwk...)

      Doakan saya cepat sembuh, hehehe...
      Thank you mbak Ria..

      Delete
    5. Haha, it's okay Ven. Keep busy, cari aktivitas baru yang seru aja coba, biar lupa. Siip, cepet sembuh, tetep smangat ya!��

      Delete
  20. Wah akhirnya nemu juga ini blog, cari tau tentang pityriasis rosea banyakan website2 kesehatan yg copasan isinya. Haha. Saya juga kena ini si hellopity, udah hampir sebulanan dan udah nyebar di perut menuju ke dada, kayanya gara2 kecapean dan kurang tidur juga. Apa lagi ini lagi peralihan musim.
    Sekarang obatinnya pake salep biocort, dan minum obat sejenis antihistamin. Belum ke dokter juga karna takut kena mehong (maklum mahasiswa) wekeke.
    Makasih sharingnya mbaknyaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya sama2 masnyaaa...semoga lekas sembuh ya!

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Digaruk atau nggak digaruk, ruamnya tetap akan menyebar dengan sendirinya.Bisa sampai sekujur tubuh, bisa jg hanya beberapa bagian saja, tergantung kondisi ketahanan tubuhnya. Coba deh dilihat obatnya untuk apa aja. Kalo saya dulu dikasih multivitamin, obat alergi dan salep pengurang gatal. Utk obat alergi dan salep, itu nggak ngaruh sama sekali, hehe. Tetep menyebar dan tetep gatel.Kalo multivitamin sih saya saranin konsumsi terus ya. Semoga penyebarannya nggak bertambah ya Nisa, smangat!

      Delete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Kalau saya ya mbak, di saat berkeringat dia malah makin memerah... Bekas nya pun nggak hilang kayak panu dia jadi nya... Putih tapi nggak merah sih bekas ny .skarang mah muncul lagi tu penyakit ny...sial deh jadi nya...gimana sih mbak cara ngilangin nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, ruamnya memerah dan gatal luar biasa saat berkeringat. Bekasnya ga hilang? Muncul lagi? Boleh tau udah minggu ke berapa sekarang? Karena pengalaman saya, bintik2nya akan menyebar ke seluruh tubuh selama 4-6 minggu. Kemungkinan yang kamu alami sekarang ini masuk ke fase penyebaran. Kalo udah lewat fase ini, biasanya ruam merahnya akan memudar dan hilang sendiri (bisa dilihat di foto). Nggak berbekas sama sekali kok, tanpa perlu obat apapun. Cukup sabar, hilangin stres dan jangan lupa istirahat yang cukup.

      Delete
  24. Saya mengalamin itu sejak januari mbk..kemrin sempet ilang semingguan trus gatel2 lagi kayak kambuh lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari yang pernah saya baca, penyakit ini nggak berulang alias nggak kan kambuh lagi kalo udah pernah kena. Coba dikonsultasikan aja ke dokter. Siapa tau cuma alergi biasa atau mungkin memang ada varian lain dari penyakit ini. Semoga semuanya baik2 aja,ya. Lekas sembuh dan jaga kondisi jgn sampai ngedrop. Smangat!

      Delete
  25. Aku ini juga lagi ngalamin,udah minggu ke 3 mbak...gatalnya luar biasa kalo malam hari.. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh sabar ya...iya beneer, paling menyiksa tuh saat badan kita keringetan dan di malam hari. Gatelnya ampun-ampunan deh. Dulu pengen nangis aja bawaannya. Nah biar ga terlalu menyiksa, coba deh pake baju yang longgar, nyaman dan dingin di badan. Trus kasih lotion atau bedak anti gatal aja. Jangan digaruk ya, usap-usap aja biar ga lecet. Semoga cepat berlalu ya fase gatal-gatalnya! Smangat!

      Delete
  26. hai mba..aku juga lagi sakit pity pity...gatelnya ga kuat bgt sampe bengkak n lecet berujung ganti kulit...dan aku dsni sampe bener2 ngerasain drop sedrop2nya...meriang demam dan lemes disertai flu...beberapa hari sakit aku periksa k dokter umum dia bilang virus tapi tidak menjelaskan virus apa...sam[ai obat habis makin parahh..sampai akhirnya ngrasain drop bgt dan mnyerah untuk berobat kembali k dokter spesialis kulit kemarin sabtu..dan syukur yang bengkak sudah pada kering dan mengelupas...feel better dibanding kemarinn huhuhu

    dan badan langsung seger kembali dan bisa beraktifitas kembali...yang td nya keringat dingin trs pdhal udah makan tp kaya blm makan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, sekarang udah baikan ya? Syukurlah. Kalo saya dulu nggak ngalamin demam atau flu. Hanya kadang kulit terasa panas dan gatal-gatal aja. Masih bisa beraktivitas seperti biasa, cuma ya itu, tersiksaaa banget hehe.

      Biar nggak drop lagi, minum multivitamin jangan lupa ya. Trus kalo lagi banyak kerjaan atau beban pikiran, dibawa santai aja. Kena penyakit ini pun, jangan kesal atau marah-marah terus ya, hihi. Pokoknya sabar, InsyaAllah bisa dilalui kok. Smangat yaa!

      Delete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Halo mba,sekarang saya lagi di serang ama si pity,dah jalan 3 minggu,maaf mba saya mau nanya apakah aman kalau melakukan(maaf)hub.intim suami-istri?apakah pasangan kita tidak tertular nanti nya? Trims sebelum nya...☺☺☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah aman. Pityriasis ini bukan penyakit menular meskipun penyebabnya memang dari virus. Dia hanya akan menyerang tubuh kita saat imunitas kita terganggu akibat dari kelelahan atau stres berat. Jadi, nggak usah khawatir ya, nggak kan menular kok ��. Semoga lekas sembuh!

      Delete
    2. Makasih banyak info nya mba,saya cuma takut menular ke istri dan anak

      Delete
    3. Siip, sama-sama mas! ��‍♀️

      Delete
  29. halo mbak, saya juga seperti itu, tapi di bagian perut, keadaanya sudah seperti di minggu ke-9. apa mbak juga dahulu ada di bagian perut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh sudah seperti di minggu ke 9? Berarti sudah berangsur sembuh ya? Alhamdulillah...

      Iya di perut juga. Semua bagian tubuh deh pokoknya, kecuali wajah/muka. Untuk muka alhamdulillah aman :)

      Delete
  30. Dan aku sekarang lagi ngalamin kaya gini. Sampe panik bgt karna adanya di punggung. Sudah 2mingguan. Sampe2 ko ini nambah2 ya tapi sebagian ada yg sudah hilang. Awal periksa ke puskesmas bilangnya jamur. Di kasih obat jamur ko malah tambah banyak ya. Obat habis lanjut ke RS. Di RS malah di bilang alergi jadi aku ga berani makan amis2 dulu. Sekarang ada yg hilang ada yg timbul2 baru. Ko aku kaya setres ya liatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh maaf baru bales, gimana kondisinya sekarang? Semoga udah mulai berkurang ya gatel sama bintik-bintiknya. Iya dulu juga nyangkanya jamur, sampai beli salep anti jamur segala. Habis 1 tube tapi malah tambah banyak! hehe.Jangan stres, kalo stres khawatir lama sembuhnya karena penyakit ini memang bisa muncul kalo kita stres berat.Pokoknya sabar yaa,InsyaAllah sembuh kok. Smangat!

      Delete
  31. Aku juga lagi sakit gatal gatal dibawah perut bengkak bentuk oval gatal kalau kena keringat.. udah hampir jalan 1 minggu.. mau ke dokter males.. cuma minum obat kalmitazone

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Dewi, gimana keadaannya sekarang, bertambah banyak kah ruamnya? Nggak ke dokter juga ga papa kok, yang penting sabar aja karena bakal gatel selama berminggu-minggu. Jaga kondisi badan, minum multivitamin, merknya terserah apa aja, biar badan tetep kuat. Istirahat dan makan yang teratur trus hindari stres ya! Untuk ngurangin gatal, taburi bedak anti gatal dan pakai baju yang adem dan longgar. Smoga lekas sembuh!

      Delete
  32. Akhirnya hari saya tenang lihat postingan ini, saya juga lagi alami penyakit ini awalnya cuma muncul satu lama kelamaan ehh tambah banyak ...sumpah gak nyaman banget , udah hampir 2 bulan tapi sepertinya gak ada tanda" untuk hilang...ada sih beberapa yang sudah hilang tapi yg lain malah bermunculan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rifka! Mungkin ada hal lain yang bikin ruamnya masih tetep bermunculan meskipun sudah hampir 2 bulan. Sepertinya tiap orang kondisinya beda-beda. Masih stres nggak? Kecapean nggak?
      Pokoknya harus jauhin dulu sumber stresnya dan jangan kecapean. InsyaAllah nanti sembuh kok.Pokoknya minum multivitamin, makan dan istirahat yang cukup. Semoga lekas sembuh ya!

      Delete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Sekarang sudah sembuh tapi masih ada bekasnya hitam kering bersisik ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah akhirnya...tenang aja, nanti nggak akan berbekas kok. Kulitnya bisa mulus lagi.Sabar yaa! :)

      Delete
    2. Mba.. Apakah bekas nya sudah menghilang?

      Delete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Kak saya juga ngalamin pnyakit itu dan sudah berobat ke dokter . Alhamdulillah sudah sembuh tapi setelah obatnya habis, bintik2 merahnya bermunculan lagi. Apakah jd ketergantungan dengan obatnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm dikasih obat apa sama dokternya? Kalau menurut dokter sama referensi yang saya baca, pityriasis ini bisa sembuh sendiri sih tanpa obat. Makanya saya cuma dikasih multivitamin, anti alergi sama salep pengurang gatal aja. Mungkin obatnya yang kemarin itu bukan untuk menyembuhkan tapi untuk meredakan aja. Jadi begitu habis, muncul lagi bintiknya. Coba dikonsultasikan lagi aja ke dokternya ya?

      Delete
  37. Tulisannya bermanfaat sekali..terutama utk sy yg sedang mengalami..rasanya tersiksa bgt terlebih kalo malem..skrg sdh minggu ke 3, pingin buru buru ke minggu ke9 supaya bisa nyaman lagi,oiya mba..saat gatel sy terlanjur di garuk krn sangat tidak tahan apalagi kalo mlm sambil tidur ga sadar dan akhirnya kebangun jg ga bisa tidur lg,sdh ke dokter dan dikasih vitamin tp tetep ga nahan, Btw bekas garukan yg sampe lecet gitu bisa hilang kan mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba Tatu, asal garukannya ga dalem banget. Cuma kalo bisa sih hindarin mba, biar penderitaannya ga bertambah banyak. Udah mah gatel ditambah perih lecet-lecet juga, hayoo. Diusap-usap aja, agak keras juga ga papa kalo emang gatel banget. Sabar yaa, semoga cepat berlalu fase gatel-gatelnya. InsyaAllah sembuh sembuh sembuh, smangat!

      Delete
  38. Hai...mba. Makasih ya udah sharing tentang penyakit ini. Skrg aq jg lg kena si pity, skrg udah sekitar 1 mingguan. Tp aq cepat sekali penyebarannya, spot yg besar2 ada di perut bawah dan daerah paha/selangkangan, trus baru 2 hari udah menjalar ke badan dan lengan. Hari ke 2 badan mulai meriang, sakit kepala, ngilu2 seluruh tubuh. Akhirnya hari ke 3 aq ke RS, dan di diagnosa kena si Pity ini. Aq dpt obat anti virus 2 macam, dpt suplemen vitamin, dan lotion racikan. Totalnya 6 macam obat termasuk lotion racikan. Dan biayanya utk berobat si pity ini mencapai 2,5 jt yg menghabisi limit asuransiku. ������
    Setelah di oles lotion dr dokter, merah2nya berubah jd kehitaman. Tp msh tetap muncul ruam baru di tempat lain. Entah sampe kpn ruam nya ga muncul2 lg? Khawatir obat dan lotion nya udah keburu habis, krn badanku masih ngilu2 dan sakit kepala sampai skrg. ����
    Anehnya aq kena si pity ini disaat aq lg ga ada kegiatan yg bikin cape. Tp klo stress...aq ga bisa bohong, kondisi aq mudah sekali stress. Ga bisa denger kabar kurang baik, langsung kepikiran bgt.
    Semoga sakitnya segera sembuh dan dan kambuh2 lg. Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah biaya berobatnya mahal juga ya? Kalo saya sih dulu ga sampai demam atau pusing. Cuma kadang berasa panas aja kulitnya, makanya sering diademin dgn cara dilap atau mandi.

      Kalau masih muncul bintik-bintik merahnya, berarti masih di fase penyebaran. Obat lotionnya mungkin hanya membantu mempercepat pengeringan tapi ga menghentikan penyebaran si pity ini. Selama belum keluar semua, ruamnya pasti bertambah. Jadi kalo nanti obatnya habis, ga papa. Ga usah ke dokter lagi karena bisa sembuh dengan sendirinya kok. Yang penting sabar.

      Stres banget ya kayaknya? Sampai hilang nafsu makan ga nih? Kalo bisa jangan terlalu dipikirin yaa, let it flow. Semua pasti baik-baik aja kok. Pokoknya jaga makan, jangan sampai lupa makan trus minum multivitamin juga ya! Smangat smangat, InsyaAllah sembuh!πŸ’ͺ😊

      Delete
  39. Aduh mba saya kena juga nih , sama kaya itu , saya udh berobat ke dokter udh pake salep tapi numbuh lagi numbuh lagi , baru kena 4 mingguan , saya searching kiraiin saya kena HIV

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya dulu juga pikirannya aneh-aneh, hehe. Alhamdulillah ternyata pityriasis nggak menular dan bisa sembuh sendiri. Obat dari dokter sepertinya memang untuk mempercepat pengeringan ruamnya aja ya, bukan menghentikan penyebarannya. Jadi usahakan kitanya selalu jaga makanan, minum multivitamin, jangan terlalu stres atau lelah.Karena kalo kita stres atau lelah terus, kemungkinan sembuhnya juga lama. Tetep semangat dan sabar ya! Semoga lekas sembuh!😊

      Delete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Et dah ini penyakit nongol sehabis saya makan daging panggang dlm jumlah banyak dan lanjut ngebeer , soju dan bir hitam serta yakult...
    Beberapa hari kemudian org rumah yang liad d punggung...
    Saya sampe parno langsung pergi test hiv dan hasilnya non reaktif...
    Bikin parno berpikir engga engga akhirnya ketemu blog punya mba ria...
    Makasih mba blog ini menenangkan pikiran hahaha
    Skrng masuk minggu kedua jalan ketiga tapi punya ku cepet bgt recoverynya...
    Semoga sisik halusnya cepet hilang 😭😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai David! Iya sama-sama. Eh tapi kalo kata saya mah, bukan karena habis makan daging panggang atau minum minuman lho yg menyebabkan munculnya Pityriasis ini. Emang imunitas tubuhnya aja lagi drop. Menurut yang saya baca, virus ini menyerang saat kondisi tubuh kita kelelahan baik secara fisik mau psikis. Bisa karena kita kurang istirahat, kecapean atau stres, kayak sering begadang, banyak tekanan pekerjaan atau masalah pribadi.

      Aah syukurlah kalau recovery-nya berjalan cepat. Tenang aja, bekas ruamnya nanti juga hilang kok. Sabar aja pokoknya. Smangat ya David! ����

      Delete
    2. Iyaa Thanks Mba Ria πŸ™
      Memang banyak bergadang si saya..
      Oh ternyata dari faktor fisik dan pikiran ini virus bisa masuk yah..
      Siap deh saya coba jaga pola hidup sehat mba ria 😁

      Delete
    3. Siip. Sabar & tetep smangat ya! πŸ’ͺ😊

      Delete
    4. Siap Thanks bgt mba ria, sedikit tambahan tips buad temen temen...
      Gejala penyakit kulit umumnya karena liver kita lemah...
      Coba deh kalian minum kunyit tawar setiap pagi sumpah bantu bgt proses recovery...
      Semoga bermanfaat πŸ˜πŸ™

      Delete
    5. Wah boleh dicoba nih sarannya David buat pembaca lain. Noted, makasih David!πŸ˜ŠπŸ‘ŒπŸ™

      Delete
  43. Sekarang masih sering muncul ga Mbak?.. apakah bisa total sembuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah nggak muncul lagi tuh, sembuh total!. Kalo dari yang saya baca, penyakit ini nggak berulang. Jadi kalo udah pernah kena, nantinya nggak akan kena lagi, wallahu a'lam.

      Delete
  44. Saya lg kena ini pity2 uda 2x ke dokter kulit tp sama aja gada perubahan gatal nyiksa bngt hiks uda msuk minggu ke 5 smoga bsa cpt berakhir si pity2 ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti kesel ya, udah ke dokter tapi ga ada perubahan. Gateel terus. Dulu, minggu ke 5 itu paling menyiksa banget buat saya.Udah mah gatel ga ketulungan, kulit juga penuh banget sama ruam. Bikin ilfil pokoknya, ya nggak? Tapi mau gimana lagi, memang belum ada obat yang langsung bisa menghentikan Si Pity2 ini. Paling minum multivitamin sama memperbaiki aktivitas aja, jangan terlalu lelah sama banyak pikiran. Sabar ya say, bentar lagi ruam sama gatalnya menghilang kok. Tinggal 2 mingguan lagi. Smangat! πŸ’ͺπŸ€—

      Delete
  45. Hai mba. Aku saat ini lagi kena pityriasis. Pada awalnya saya kira digigit tungau, terus akhirnya ke dokter kulit di siloam dan dibilang pityriasis rosea. Pada 1 minggu awal dari dokter saya rajin minum obat yang diberikan. Setelah satu minggu setelahnya sudah ngga gatel2 dan pada mengempes ruamnya. Minggu ke dua saya kembali control ke dokter, bilang sudah tidak ada keluhan. Namun 4 hari setelahnya kembali muncul bintik2 merah yang gateeeel banget. Bahkan pada kulitnya yang tidak merah terasa gatal yang amat sangat. Badan saya suka panas demam dan flu. Kata dokter sih ini salah satu efek samping dari virus ini.

    Lalu saya ke dokter yang berbeda, namun beliau bilang hanya efek kulit kering. Dan diberi obat. Namun obatnya tidak berfungsi. Padahal pas ke dokter ini saya bilang kalo sebelumnya saya kena pityriasis.

    Lalu sekarang gatalnya makin menjadi banget. Apakah fasenya seperti ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Fauziah! Maaf terlambat balas, gimana sekarang, masih gatalkah? Menurut saya, betul itu gatal karena pityriasis yang belum sembuh benar. Jadi mungkin karena pengaruh obat yg diberikan, ruamnya mengering. Obat hanya membantu meringankan gatal dan mempercepat pengeringan ruan, tapi sepertinya tidak langsung menyembuhkan penyakitnya secara total.

      Minggu ke 1 dan ke 2 itu masih dibilang baru muncul ruamnya. Minggu ke 3-5 terjadi fase penyebaran. Nah yang dialami Fauziah sepertinya lagi di fase penyebaran. Minum obat hanya untuk menjaga ketahanan tubuh dan mengurangi gatal. Jadi ya,harus bener-bener dilalui tuh fase2nya. Untuk sakit demam, saya sih alhamdulillah engga ngalamin. Hanya kulit terasa panas aja.

      Jadi Fauziah, sabar yaa. Semoga lekas sembuh pity-pity nya, smangat!πŸ’ͺ😊

      Delete
  46. hi mba ria...udh bbrp mgg saya cari2 yg pny pengalaman sama supaya bs saling share eh ketemu jg. Sy jg di diagnose kena si pity. udh baca sana sini & mmg katanya sembuh sendiri. dokter jg blg gitu sih dan gk blh stres...hmm hal yg hampir mustahil hehehe. Klo diinget2 mmg sdh bbrp bln ini sy agak stres sih.. si pity ini aja udh sebulan lebih nangkring di leher, kuping dan ada sedikit di wajah..gateeeeel bgt yg di leher, nyiksa abissss. sy disaranin pake cetaphil pro ad derma dan gk blh stres. ini sampe skg kadang masih gateeeel bgt, kdg gk terlalu. Smg bs sgra sembuh spt mba jg..tq sdh sharing info nya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Eva! Hehe, iya sama-sama. Nggak boleh stres yaa. Bawa santai aja, pasti baik-baik aja kok. Pokoknya jalani aja,sabar ya karena memang bakal sembuh sendiri. Jaga kesehatan jangan sampai kecapean juga. Semoga lekas sembuh ya pity-pity nya, smangat! πŸ’ͺ😊

      Delete
  47. Salam kenal mbak ria, terimakasih share infonya, saya juga sedang mengalami merah merah seperti ini sekitar 3 minggu. Sempet panik karena menyebar luas merah merahnya, tapi setelah baca pengalaman mbak ria aku jadi tenang karna gejalanya persis sama seperti yang mbak ria ceritakan. Berarti saya tidak perlu ke dokter kan mbak? Karna ini akan sembuh sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Putri. Iya nggak perlu ke dokter kalo ciri-cirinya emang persis seperti Pityriasis. Beli multivitamin seperti Imboost dan bedak atau lotion pengurang gatal aja. Kalo lagi banyak pikiran, bawa santai aja ya dan jangan terlalu lelah. Istirahat yang cukup dan jaga makanan. Insyaallah akan sembuh sendiri tapi harus sabar ya nahan gatalnya. Tetap smangat Putri, semoga lekas sembuh! πŸ€—

      Delete
  48. Saya juga lagi ngalamin mbk ria. Tp lama sembuhnya πŸ˜‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang lumayan lama, saya 2 bulanan kena si pity ini. Gatel? Jangan tanya gimana rasanya. Huhu sampe nangis pernah juga saking desperate-nya, kok lama banget ga sembuh-sembuh. Tapi seiring waktu, gatalnya akan berkurang kok, tinggal nunggu bekas-bekasnya memudar aja. Pokoknya kalo lagi gatel, bisa mandi air dingin, segera taburi lotion atau bedak anti gatal, pakai baju yang longgar, hindari udara panas
      biar ga terlalu banyak berkeringat. Keringat inilah yang bikin parah gatelnya. Daan, kalo lagi stres atau lelah cepet ilangin ya. Pokoknya sabar yaa, Insyaallah sembuh kok. Smangat!πŸ’ͺ😊

      Delete
  49. Saya juga lagi ngalamin ni mbak ria. Boleh konsul lebih detailnya ga? Ini WA saya 08111265003 tolong di wa ya mba saya perlu konsul banget ni soalnya gatelnya ga tahan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ryo, masih ada yang ingin ditanya? Sok di sini aja ga papa kan. Biar yang lain bisa ikut nyimak, siapa tau bermanfaat juga buat pembaca lain.

      Delete
  50. Kan kalo tidur suka ngegaruk garuk sendiri mba ria cara ngatasinny gimana ya?
    Saya uda jalan minggu kedua dan gatelnya sampe ke kepala sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usahain kuku selalu pendek Ryo, jadi ketika reflek garuk, kulitnya ga langsung luka atau lecet. Dan usahain pas sadar lagi garuk, garuknya langsung distop. Ganti jadi diusap-usap aja, nggak apa-apa agak keras ngusapnya. Biar agak berkurang gatalnya. Pokoknya yang penting jangan sampai bikin luka kulitnya. Soalnya kalo sampe lecet bakal tambah menderita, gatal iya, perih juga iya.

      Minggu ke-2 sampai ke-5 emang masa penyebaran, jadi bakal sering diserang rasa gatal. Kalo saya dulu kena seluruh badan tapi ga sampai ke kepala sih. Jangan tambah stres ya Ryo, santai aja. Pasti bisa dilaluin kok, sabar yaa 😊

      Delete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kresna! Hehe, iya dulu juga saya pikir kena panu. Habis satu tube salep Canesten, ga sembuh-sembuh πŸ˜‚. Untuk multivitamin, coba pakai Imboost Force tablet deh. Harga 1 strip/10 tablet harganya sekitar 70-80ribuan. Agak mahal memang tapi bagus sih menurut saya. Kalo ada tanda-tanda mau flu, minum ini, flunya ga jadi mampir. Semoga cepat sembuh ya Kresna!

      Delete
    2. Tp klo di aku kok warnanya coklat keitem²an ya, pas suhu normal nggk keliatan sama sekali. Tp misal pas lagi gerah/kepanasan baru warnanya jd agak merah dan mencolok? Dan Alhamdulillah nggk pernah ada efek kyk yg dibilang seperti demam dsb, gatelnya cmn pas lagi gerah aja

      Delete
    3. Iya memang seperti itu, kalo kegerahan memang jadi meradang. Kentara banget ruamnya. Tapi kalo warnanya udah mulai coklat kehitaman, itu artinya mulai mengering dan biasanya lama kelamaan memudar alias sembuh. Itu kalo saya lho. Sepertinya memang penyakit ini tidak sama gejalanya di tiap orang. Beberapa ada yang mengalami demam, kulit terasa panas, dll. Sembuhnya pun ada cepat dan ada pula lama sampai berbulan-bulan. Nah mudah-mudahan pity yang dialami Kresna sekarang, termasuk yang cepat recovery-nya. Atau kalo masih khawatir, silakan konsultasi ke dokter ya Kresna. Smangat ya! πŸ’ͺ😊

      Delete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. Kak, ke wajah bisa kena gak ya? Saya lagi ngalamin dan saya ngerasa panik banget takut samoe ke muka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh maaf ya telat balasnya πŸ™. Gimana, sudah sembuh pity-pitynya? Pengalaman saya sih nggak sampai ke muka. Dari yang saya baca juga begitu, biasanya yang kena sekitar perut, punggung, tangan, kaki. Semoga sudah ya sekarang! πŸ€—

      Delete
  55. Hallo kak Ria, terimakasi menghilangkan kepanikan ku, aku juga lagi sakit pity2 ini kak, masuk 12hari huehehe awalnya aku kira ini digigit nyamukk, awal nya lagi kukira digigit semut, karna emng gaada alergi apa apa, akhirnya ku diemkan saja, ga lama kok makin gatell yaa, akhirnya aku olesi minyak kayuputih 1 hari, karna taunya gigitan semut/nyamuk. Ga lama kok malah kayak berjamur gitu ada kerak nya, wah jamuran nih cumakan biasanga jamuran karna lembab? Dan rawan di selangkangan yauda ku olesi salep jamur ada 1 hari makin craky panas gakaruan makin guateelll , akhirnya stop salep jamur aku cari2, karna jaman sekarang udah ada halodoc (dokter online) jadi aku tanya ke salahsatu dokter, bener dokter itu bilang ini pityriasis rosea, langsung dikasih obat buat order online by gojek, tapi aku ga ambil karna masih penasaran, akhirnya aku cari tau tu apa si ini penyakit, oiya sebelum ke halodoc aku kira ini eskim ternyata ini adalah semi eskim cuma ini pink atau merah hehe dan eskim pun juga penyebab nya gajelas kayam cuma imunitas gitu, jadinya yauda deh aku coba terapin hidup sehat dari salahsatu blog yg bahas eskim itu, mulai dr konsumsi vit c imboost atau ester c dan minum air lemon, allhamdullilah nyebarnya cuma di lengan dan di paha aja,dan udah jarang gatel sama merah, udah agak pudaran.semoga lekas sembuh kadang mau biarin aja pun kalo lg liat atau bengong suka sedih kok kulitku begini hikss wkwkw oiyaa aku juga hindari sekali ke dokter atau obat2 dokter karna dari halodoc pun aku dpt yang ada kandungan steroid, nah steroid itu bisa buat kulit kita hitam, oiya salep jamur juga harus cek ada steroid atau gaa, sama hindari sabun mandi yg ada SLS (cari tau sendiri) jd altefnatif nya pake merk cetaphil. Semoga membantu untuk korban selanjutnya, terimakasih kak riaπŸ’™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, makasih juga lho udah mau share pengalamannya di sini. Semoga bermanfaat bagi yang lagi ngalamin juga ya! πŸ‘πŸ€—πŸ˜Š

      Delete
    2. Saya didiagnosa dokter juga kemungkinan kena penyakit ini. Nah kalau dr dokter diberi salep antiradang steroid. Wah itu bisa buat hitam kak?. Kalau gak pake salepnya takutnya lama sembuhnya. Soalnya saya meradang baget kulitmya. Hari pertama gatel ditangan tiba". Terus langsung dihari itu juga menyebar ke perut punggung lengn paha.
      Makasi sharingnya kak

      Delete
    3. Maaf telat balasnya nih. Gimana akhirnya, salepnya dipake? Semoga ga ada masalah. Kalau menghitam seperti bekas cacar sih nggak ya, paling kecoklatan aja tapi nanti lama-lama hilang kok. Ga ada bekasnya. Semoga sekarang sudah sembuh ya!

      Delete
  56. Mba ria...aq minta tolong invit wa aq donk...081271272727
    Aq mw tau lbih detil soal penyakit ini.soalnya istri aq sepertinya lgi mengalami ini.dan ruam di badan,leher,tangan dan wajah udah menyeramkan...makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh maaf baru balas. Gimana sekarang kondisinya, sudah ke dokter kan, mas? Kalo menurut dokter positif Pityriasis Rosea, nggak usah khawatir mas karna dokter pasti bakal ngasih obat multivitamin dan beberapa obat anti gatal.

      Memang ruamnya bakal menyebar hampir seluruh tubuh dan agak mengerikan (kayak yang terlihat di foto-foto saya). Tapi tenang aja mas, lama-lama semua ruam mengerikan itu akan hilang memudar kok. Butuh waktu dan kesabaran yang ekstra memang. Jadi sabar yaa, Insyaallah sembuh kok. Oh iya, istrinya usahakan jangan terlalu lelah atau stres ya, mas. Karena bisa mempengaruhi kesembuhannya juga. Kalo masih ada yang ingin ditanyakan, silakan.

      Delete
  57. Kakk... Aku jg kena tapi udh 5/6hari cuman di bagian lengan tangan doank sih.. Kebanyakannya pada ngelupas2 gitu, tapi dibagian siku ada yg merah2 ngelupas gtu... Kalau gatel sih biasa aja ga gatel2 banget kalau aku sih.. Tapi kayak takut sendiri klau ada apa apa kyk binggung kenapa begini...sarannya kalau biasa hari2 kalau mau keluar atau apa gitu pake apa ya?? Soalnya takut banget nanto tmbah banyak... Masalahnya ini ga banyak yg merah2nya cmn banyak yg kelupas tp warnanya ga merah cmn kelupas doank warna nya tetep warna kulit, tapi ada juga yg merah deket siku tangan yang kayak difoto tapi ga bannyak paling ada 4-7 gitu kakkk... Solusinya kak plis kalau mau jalan atau keluar pake apa , terus kalau kena sinar matahari gmn? Apa harusgmn :(😩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek di bagian tubuh lain, ada ruam bersisik lainnya tidak, yang ukurannya lebih besar dari yang ada di lengan sekarang? Ada bintik-bintik merah menyebar seperti bekas digigit nyamuk ga? Kalo misalnya ga ada, kemungkinan yang kamu alami ini bukan Pityriasis Rosea tapi jenis penyakit kulit lain. Soalnya kalo Pityriasis Rosea, gejalanya bakal diawali dengan tanda-tanda seperti di atas tadi (menurut yang saya baca dan alami). Coba dipastiin dulu deh, ada ga ciri-ciri tadi.

      Kalo memang ciri-cirinya sama, berarti yup kamu kena Pityriasis Rosea. Menyebar itu udah ga bisa dihindari, pasti bakal nyebar. Tapi biar ga terlalu parah, kamu bisa minum multivitamin dan kalo memang ga terasa gatal (ini agak aneh lho menurut saya, karna biasanya bakal gatal banget), cukup olesi aja dengan lotion yang biasa kamu pakai saat keluar rumah. Tapi kalo terasa gatal, pakai bedak atau lotion anti gatal ya. Baju usahakan yang longgar & adem. Trus, kalo bisa sih hindari dulu banyak beraktivitas di bawah sinar matahari karena badan kita bakal ekstra berkeringat dan keringat inilah yang menyebabkan kegatalan makin parah.

      Tapi biar lebih jelasnya, konsultasikan ke dokter aja, supaya lebih yakin lagi. Semoga lekas sembuh yaa! πŸ€—

      Delete
  58. Mbak saya ngalamin penyakit ini juga huhuhu. Kirain panu juga, ada induk gatelnya itu. Eh kok di biarin makin menyebar. Terus saya ke puskesmas, kata si mbaknya cacar. Bahkan obat uda 2x habis eh si bintik2 gak ilang2 juga. Yauda mutusin ke dokter kulit, katanya rosea.
    Duh mbak gak tahan karna gatelnya ini ganggu banget. Belum lagi si bintik2 uda nyebar ke wajah, duh sedih banget. Bagi tips obatnya dong mbak. Makasih, blog ini sangat menolong mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ety! Emang gatel banget, tapi sabar ya. Insyaallah bisa dilalui. Kalo kena wajah hati-hati, jangan sampai lecet ya. Kalo gatel diusap aja atau kasih bedak/lotion anti gatal untuk sedikit meredakan rasa gatalnya.

      Saya dulu nggak dikasih obat khusus untuk menyembuhkan si pity-pity ini, cuma dikasih multivitamin Imboost Force, salep anti gatal sama obat alergi. Salep anti gatal sama obat alerginya nggak ngaruh, tapi coba minum multivitamin merk Imboost Force untuk memperbaiki stamina deh. Karena biasanya yang terkena penyakit ini staminanya memang lagi drop. Dicoba aja ya, mudah-mudahan bisa membantu mengurangi penyebarannya.

      Iya sama-sama, semoga lekas sembuh ya Mba Ety!πŸ€—

      Delete
    2. Lalu mbak, saat ini sudah ada yg memudar, tp masih ada yg baru tumbuh mbak. Kira2 emg gitu ya?

      Delete
  59. Mbak saya juga terkena itu kayaknya, terkadang memerah terkadang memudar gimana tu mbak? Skrng udah menyebar ke leher dada lengan 1 2 an lah mbak. Mau hilang trus tumbuh lagi. apakah ada makanan yg tidak boleh di makan mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm kalo pengalaman saya sih, bintik merahnya akan bertahan sampai berminggu-minggu. Bertahap dari mulai seperti gigitan nyamuk lalu melebar, bersisik setelah itu mengering dan memudar. Kalo kadang memerah trus bisa memudar dengan cepat, mungkin saja cuma alergi bukan Pityriasis Rosea. Untuk memastikannya mungkin bisa konsultasi ke dokter. Tapi kalo memang Pityriasis, nggak ada pantangan makan sih, apa aja boleh. Cuma khawatir ada alergi dan bikin gatalnya makin parah, sebaiknya jangan dulu makan seafood atau makanan yang memang pencetus alergi.

      Semoga cepat sembuh ya!😊

      Delete
    2. Iya sama sih kayaknya mbak sekrang udah mulai memudar mbak.tpi kulit saya memang sensitif mbak.
      Saya lihat blog mbak. Memang seperti saya alami memang gatal awal nya setel ia tunbuh ndak gatal lgi menyebar dan berisik trus skrang menghitam dan mulai mengulupas tpi msiha da sebagian yg memerah mbak

      Delete
  60. Memang mbak merah nya sangat lmaa mbak. Trus menyebar ke dada. Trus skrang yg dada udah mulai mrmudar mbak. Memang kulit saya riwayat alergi tpi cuma biang keringat. Skrng yg hitam2 skrg mbak trus mengelupas tpi msih ada yg merah2 ngelupas2 tpi msih metah mbak.

    ReplyDelete
  61. Lagi ngalamin ini geli banget liat kulit kaya ada tempelan merah merah udah 2 minggu sekarang behh gatelnya minta ampun alhamdulillah baca di blog mba nya banyak banget infonya sekarang udah lumayan aga kempesan cuma masih merah di daerah tangan tapi yang di punggung malah jadi item2 😒😒

    ReplyDelete
  62. Halo mba ria, kemarin akhirnya aku baru aja berobat ke spesialis kulit setelah hampir 2 minggu karena pas hari ke 4 liat badan merah-merah dan gatel langsung ke dokter umum dan ga puas sama diagnos dokter yg katanya cuma alergi makanan. Padahal bingung juga, karena ku ga punya riwayat alergi makanan sejauh ini.

    Dan dokter bilang kalo aku kena si pity-pity ini.
    lumayan banyak dapet obatnya sekitar 4 obat minum dan satu salep racikan. Ya Alloh kalo lagi gatel rasanya luar biasa dan susaj buat aku nahan untuk gak ngegaruk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Nurafni, maaf baru balas. Iya gatalnya memang juara. Kalau saya, obat dari dokter ga ngaruh banyak, hehe. Tapi Insyaallah sekarang udah sembuh kan?

      Delete
  63. Aku kenak si pity masuk minggu ketiga sekarang.. ya emang yg paling penting adalah meningkatkan imunitas tubuh dengan pola makan yg baik dan sehat jd rutin konsumsi buah sayur, vitamin c, habbatussaudah, plus jaga kelembaban badan dengan bodylotion atau minyak kutus2 sehari 2 kali. Terutama lagi jaga kondisi agar ga terlalu lelah afau stres.. alhamdulillah mulai kering mudah2an makin berkurang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, pokoknya jaga pola makan, minum multivitamin dan bagi yang sedang stres, sebisa mungkin hindari. Alhamdulillah, Insyaallah sekarang udah sembuh ya? 😊

      Delete
    2. kak no hpnya brpa sya mw sharing sma yg lgi kena jg ni 😷

      Delete
  64. Penyakit yang sama mba ria tpi tdk gatal. Cuma sesekali gatal akibat keringat. Tpi mirim penyakitnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya, sudah minggu ke berapa? Menyebar nggak? Syukurlah kalo nggak gatal, mudah-mudahan bukan pityriasis yaa. Semoga lekas sembuh! πŸ€—

      Delete
    2. kak no hpnya brpa sya mw sharing sma yg lgi kena jg ni 😷

      Delete
  65. Aku sekarang ngalamainnya mbak, ya ampuuuuuun aku heran pertama muncul ruam besar gitu di paha, kupikir haaaaah, kena jamur lagi. tapi tiap di kasih miconazole kok gk sembuh2. 2 hari kemudian badan aku tiba2 gatel segatel gatelnya. ku pikir aaaaah paling biang keringat. eh besok nya muncul bintik2 merah gateeeeel banget. jadi bingung, apa aku salah makan? alergi? aku kan gk punya history alergi, kok tiba2 alergi. di suruh mama makan CTM. udah 4 hari makan CTM malah makin menyebar makin gatel. aku pikir kayaknya gk deh alergi, jamur kali ya? beli lah akhirnya obat oral jamuran dan bedak jamur. tapi malah makin gatel dan obat oralnya malah bikin mual. udah gk tahan di minggu ke-2, aku searching lagi, dan ketemu penjelasan soal pity2 ini di youtube. persis banget dengan yg aku alamin. tapi aku masih ragu, takut salah makan obat lagi, overdosis hahaha. jadi besok nya langsung ke puskesmas, dokternya cuman lihat sedetik, langsung ngomong "mbak kena pitryasis rosea, itu karena mbak stress, capek, banyak pikiran, sistem imun/ kekebalan tubuh mbak menurun, jadi terkena penyakit ini." langsung di kasih obat. dan iya, obatnya cuman cetrizine semacam ctm, salep anti gatal dan vitamin C πŸ˜‘
    sekarang kayaknya masuk ke fase penyebaran, GATEEEEEEL banget, caladine tiap hari di badan masih gk cukup buat ngurangin gatel nya. aneh nya kalo aku jalan2 keluar rumah, gatelnya gk terasa. mungkin efek adrenalin kali ya. sekarang cuman berharap cepet selesai fase2 nyebarnya dan segera gilang. soalnya SEDIH banget liat badan yg kemarin bersih mulus, sekarang kyk sisik ular hik hik. malu aku di liat pasangan ku, walaupun dia udah bilang gpp. padahal biasanya kalo aku drop, kena nya tipes sekarang malah berganti profesi sakitnya, gk pernah lagi kena tipes, eh malah kena pity2 ini. kesel dah.
    makasih sharingnya mbak, liat foto terakhir bintiknya hilang bikin saya agak legah dan ada harapan ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luar biasa kan rasanya Mbak? Hehe saya pun dulu kayak gitu, udah mah gatel, kulit rusak, sembuhnya lama pula. Pelajaran besok-besok, kalau ada masalah jangan terlalu dipikirin dan kalo kerjaan terasa berat, jangan diporsir dan tetep jaga makanan. Semoga lekas sembuh ya Mbak Hellen. Smangat! πŸ’ͺ

      Delete
    2. kak no hpnya brpa sya mw sharing sma yg lgi kena jg ni 😷

      Delete
  66. Mbak. Saya sudah berubah jd warna putih2 gtu kek panu. Tpi kenapa lama ya hilang bekasnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah masuk minggu ke berapa? Biasanya memang nunggu penyebarannya selesai dulu, baru perlahan-lahan sisik kayak panunya mulai memudar jadi agak kecoklatan. Emang lumayan lama. Tapi harus tetep sabar ya, gatal nanti mulai berkurang dan akhirnya bekas Pityriasis-nya juga hilang kok. Semoga cepat sembuh ya!πŸ€—

      Delete
    2. kak no hpnya brpa sya mw sharing sma yg lgi kena jg ni 😷

      Delete
  67. Mbak saya juga lagi ngalamin, di leher dada punggung baru seminggu... Ruam ya menyebar sampai minggu ke berapa ya mbak?πŸ™„

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya dulu penyebarannya sampai minggu ke 4, jadi sebulan itu full nyebar ke seluruh badan kecuali muka. Gatel luar biasa. Nah minggu ke 5 mulai berhenti nyebar. Tinggal nunggu ruam merahnya mengering dan itu juga prosesnya nggak cepet, 1 bulanan juga untuk bisa balik ke kondisi kormal (liat di foto deh). Tapi mungkin kondisi tiap orang berbeda ya. Bisa aja ada yang lebih cepet atau lehih lama sembuhnya. Pokoknya harus jaga makanam, minum multivitamin dan kalo lagi stres, jangan lama-lama stresnya. Semoga cepet sembuh ya!πŸ™

      Delete
    2. kak no hpnya brpa sya mw sharing sma yg lgi kena jg ni 😷

      Delete
    3. Hallo Ryo, apa yang ingin ditanyakan? Ga papa tanya aja di sini, siapa tau bisa membantu yang lain juga 😊

      Delete
  68. kak no hpnya brpa sya mw sharing sma yg lgi kena jg ni ��

    ReplyDelete
  69. Halo ka Ria, setelah minggu ke 9 kan kulit jadi agak bersisik dan kering.. Itu akan hilang sendiri atau perlu pengobatan tambahan ya? Kembali normalnya brp lama?
    Terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai! Iya nanti akan hilang sendiri kok, ga perlu perawatan apa-apa.Kulit mulai berangsur-angsur membaik tuh dari minggu ke 6 sampai akhirnya mulus kembali di minggu ke 10 (kebetulan nggak ada fotonya). Jadi dari minggu ke 9 itu, cuma butuh seminggu lagi untuk kembali mulus ga berbekas.Lagi ngalamin ya? Iya sama-sama, semoga cepat membaik ya! πŸ€—

      Delete
  70. Mbak saya juga mengalami hal hal sama, namun pity pity ini lebih banyak nyebar di area punggung. Ketika saya priksakan kedokter, dokter ngga bilang saya sakit apa. Dokter cuma bilang, ini alergi, dan ngga nular,harus sering sering olahraga, gitu kak. Aku kena ini mulai febuari 2019 lalu, namun sampai sekarang april 2020 blm juga sembuh. Ada satu atau 2 pity di daerah jidat sm alis, yang dijidat udah memudar, tp nimbulin bekas coklat trus pinggirannya kayak beda wrna lebih putih, dan kulit bekas pity ini jadi kering banget, sering ngelupas gitu. Dikasih apa ya kak biar bekasnya ini ngga tambah parah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada yang mengering tandanya udah mulai sembuh lho. Memang ada yang sembuhnya lama, ada juga yang cepat, ga semua orang sama. Jadi tenang aja ya, insyaallah tinggal beberapa minggu lagi kondisinya bakal kembali normal. Nah untuk menyembuhkan bekas ruamnya, saya sendiri kurang tau apa ada salep atau obatnya, karena saya dulu nggak pake apa-apa. Memang warnanya nanti kecoklatan, bersisik dan beberapa bagian terlihat seperti kulit mati yang terkelupas. Tapi nanti semua memudar dengan sendirinya kok, cuma memang agak lama (saya dulu sekitar 1 bulan). Coba aja konsultasi ke dokter, siapa tau ada obat untuk mempercepat penyembuhan ruamnya. Sabar dan tetep semangat ya!πŸ’ͺ😊

      Delete
  71. Hallo kak, saya jg mengalami si pity pity ini masih berjalan satu Minggu dan saya binggung bgt ini kenapa. Sara salepnya atau obat dong kak yg bisa dibeli di apotek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga! Coba deh diinget-inget, akhir-akhir ini lagi banyak pikiran nggak? Lagi ngerjain pekerjaan yang berat atau kecapean mungkin? Hehe, soalnya biasanya yang kena si pity-pity ini karena ngalamin kondisi tadi. Kalau mau memastikan, coba aja konsultasi ke dokter. Tapi pengalaman saya sih, obat yang diberikan hanya obat anti alergi (dan ini nggak ngaruh), salep anti gatal (juga nggak ngaruh) dan multivitamin. Saran saya sih cukup minum multivitamin aja contohnya Imboost Force, trus makan yang teratur & istirahat yang cukup. Jangan kecapean dan hilangkan stres. Untuk mengurangi rasa gatal, bisa pakai bedak atau lotion anti gatal/biang keringat. Ganti baju & segera mandi jika badan berkeringat, karena keringat ini bisa bikin rasa gatalnya tambah parah. Oh ya, jangan digaruk ya kalo gatal, supaya ga lecet cukup diusap-usap aja agak keras. Terakhir, harus sabar ya, karena memang sembuhnya agak lama. Smangat ya, semoga lekas sembuh!πŸ’ͺ πŸ€—

      Delete
  72. Aduh haturnuhun pisan Mba. Infona...aku. Lagi .Ngalamin.. penyakit ini....aku. Panik. Banget.. Alhamdulillah. Sedikit .Tenang...bisa. Baca pengalaman mba ini. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya, sama-sama. Pokoknya harus sabar karena sembuhnya lumayan agak lama. Sing enggal damang nyaa!πŸ€—

      Delete
  73. Mbaa, aku jg seperti itu tapi beda warna, kalau di aku coklat mba, periksa ke dokter katanya jamur, lebih banyak dipunggung si, tapi disaya warnanya coklat gitu, kira² sama tidak ya mba? Karna saya kira panu sama sya dipakein lengkuas dan jadi hitam seperti korengan gitu

    ReplyDelete
  74. Saya juga kena penyakit yang sama. Warnanya awalnya merah muda, lalu ketika sudah digaruk dan kering jadi coklat. Muncul paling banyak di belakang dengkul dan ketiak. Di tempat lainnya juga ada. Sekarang minggu kedua, gatalnya paraahh. 😭😭😭

    ReplyDelete
  75. Saya jg lg ngalamin hal yg sama,tp stlh baca pengalamn mba Ria ini sedikit lega.saya udah masuk ke 2 minggu makin lama gatalny makin menjadi dibanding dr sblmnya.
    Udh 2x ke bidan,3x ke dokter ttp nyebar ke kaki lebih banyk di lengan kiri dan kanan.
    Obat udah habis tp gak ada perubahan akhirny tak biarin aja bgitu.cuma kadang kalo malam gatalny itu gak nahan.apa krim Cinolon yg di photo itu bisa mengurangi rasa gatal mba?kalau ia biar saya beli itu aja di apotik...trims sblmnya

    ReplyDelete
  76. Saya jg lg ngalamin hal yg sama,tp stlh baca pengalamn mba Ria ini sedikit lega.saya udah masuk ke 2 minggu makin lama gatalny makin menjadi dibanding dr sblmnya.
    Udh 2x ke bidan,3x ke dokter ttp nyebar ke kaki lebih banyk di lengan kiri dan kanan.
    Obat udah habis tp gak ada perubahan akhirny tak biarin aja bgitu.cuma kadang kalo malam gatalny itu gak nahan.apa krim Cinolon yg di photo itu bisa mengurangi rasa gatal mba?kalau ia biar saya beli itu aja di apotik...trims sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Etha, duh jadi ikutan ngerasa gatalnya juga nih, yang sabar yaa...bisa dilalui kok πŸ€—. Tentang krim Cinolon itu, jujur aja, ga ngebantu. Sampai habis pun, gatalnya tetep ada aja dan ga menghentikan penyebarannya. Jadi yang diandelin ya kesabaran kita sama multivitamin. Itu aja sih kalo saya. Oh satu lagi, jangan terlalu stres atau lelah, sebisa mungkin dibawa santai. Semoga lekas sembuh ya Mbak Etha! πŸ€—

      Delete
  77. Setelah baca ini saya beli salep cinolon mudahan sembuh ni paha saya pity pity nya sudah sampai betis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun dulu salep ini nggak ngaruh di saya, tapi mudah-mudahan cocok ya! Semoga lekas sembuh .

      Delete
  78. Halo kakak ria ,aku juga megalami ini tapi luka luka y ada di area dada terus paha kan di area tangan juga ,tpi gk tau solusinya gimana ,aku panik dong liat luka yg tiba tiba muncul ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo, duh maaf ya baru balas. Gimana kondisinya sekarang, sudah sembuh kah? Mudah-mudahan sudah kembali normal ya? Pokoknya kalo kena penyakit ini, itu tandanya kamu sedang kecapean atau stres berat. Akan sembuh dengan sendirinya kok tapi memang agak lama. Kinum multivitamin, makan dan istirahat teratur ya! Smangat!πŸ’ͺ

      Delete
  79. Haloo kak ria dan netizen yg pada komen di blog kak ria....
    Aku jg sedang ngalamin pityriasis rosea uda masuk minggu ke 2, makin hari bukannya mereda tp makin banyak dan makin gatal 😭😭😭
    Periksa di halodoc, konsultasi dg SpKK diresepin imboost force, sama pil alergi, dan noroid soothing lotion
    Bener kata mba ria, pil alergi ini ga ngaruh apa2, cuma bikin kita ngantuk trs tidur aja biar lupa sekejap dg rasa gatal
    Tp untuk lotion noroid sedikit membantu, setelah pake lotion jadi gak gatal hingga 2-3 jam kemudian mungkin bisa dicoba buat teman2 lainnya
    Sama mau nanya nih, kalau di fase penyebaran tu makin hari makin banyak ya emg? Udah 2 minggu blm kelar2 jg penyebarannya 😭😭😭😭😭
    Dan untuk ruam2 yg awalnya merah trs jadi coklay bahkan sampe item, itu beneran kalo sembuh bisa ilang seperti kulit awal ya?
    Thankyou sharingnya kak ria dan teman2 lainnya
    Semoga sehat selalu 😊😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai, maaf baru balas, saya nggak dapet notif kalo ternyata ada komen baru di sini. Maaf yaa

      Betul, di fase penyebaran, bintik-bintiknya tambah banyak dan tambah gatal (bisa diliat di foto) dan memang lumayan lama kembali ke normalnya. Tapi tenang aja, lambat laun bekas coklat atau hitamnya akan hilang kok, mulus lagi seperti biasa. Saya nggak pake perawatan apa-apa kok, kulitnya kembali seperti semula. Yang jelas memang harus sabar sih, jangan panik atau stres. Minum multivitamin jangan lupa. Semoga lekas sembuh yaa!πŸ€—

      Delete
    2. Itu mb ria kan di minggu ke 9 baru ilang bekasnya yg di tangan, kalo yg di badan bener2 ilangnya brp lama mb? Aku kena desember kemarin, sekarang uda sembuh gak gatal tp bekasnya masi item2, badan uda ky macan tutul 😭

      Delete
  80. Saya sering terkena ini, biasanya kalau kerja berat mengeluarkan keringat banyak pasti ujung2nya kena begini, kalau ada gotong royong buat bantu kenek buat rumah saudara pasti pulang2 bercak bercak begini. Gak kehitung sudah berapa kali terkena begini menurutku seperti alergi saja. Terutama berkeringat banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih udah sharing di sini, berarti memang kemungkinan ada karena alergi juga ya? Ada benarnya kalo dokter ngasih obat alergi. Tapi untuk lebih meyakinkan, sebaiknya memang periksa ke dokter yaa 😊

      Delete
  81. Ya Allah... Sepertinya ini yg lg sy alami. Iya sih bnr, 2mingguan yglalu sy lg capek2nya.. trllu lelah n stress jg. Awalnya cm 2 di bwh 2, tau2 kok jd banyak n nyebar. Udah 2x periksa dokter umum, cm diksh obat gatal oral n multivit. Pereda gatal sy ksh Salicyl.. info dong, blh sering2 mandi ga? Pake air hangat / dingin? Sabun pake apa yg baiknya... (Udah masuk 2minggu) 😌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kok sering mandi,pakai air dingin lebih baik karena akan mengurangi rasa gatal. Saya dulu juga gitu kalo mulai diserang gatal parah. Untuk sabun bisa pakai sabun antiseptik ya. Habis mandi bisa dioleskan bedak salicyl dan usahakan pakai baju yang longgar dan ringan. Karena gatal-gatalnya itu akan muncul lagi kalo kegerahan dan kena keringat. Semoga lekas sembuh ya, sabar dan tetep smangat!πŸ’ͺπŸ€—

      Delete
  82. Hai mbak Ria.. salam kenal. Sepertinya akh terkena penyakit pity pity ini. Seminggu lalu sempet ke dokter di kasi obat minum dan salep. Tp setelah itu muncul lagi. Punyaku bintik merahnya ga muncul terlalu banyak sih tp tetep aja kdg2 suka gatal dan mengganggu utk diliat. Huhu.....beberapa udh mengering..beberapa bru muncul... sedih bgt pdhl suka skincarean dan mulus skrg jd kyk cacar jelek gtt btw aku di minggu ke 3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey, salam kenal juga, Patrick! 😊. Lagi banyak kerjaan atau stres kah? Hehe sabar ya, coba bawa santai semuanya. Trus iya bakal gatel dan kulitnya jadi berubah merah-merah, bersisik dan nanti berubah jadi kehitaman. Tapi jangan khawatir, semua akan balik mulus seperti semula kok. Ga berbekas seperti cacar. Tapi memang butuh waktu. Pokoknya jangan stres, jaga makanan, jaga istirahatnya, minum multivitamin jangan lupa, supaya daya tahan tubuhnya meningkat. Semoga lekas sembuh yaa! πŸ’ͺ😊

      Delete
  83. Gila sih ini bikin insecure banget bintik bintik pada bermunculan, bener banget akhir akhir ini di hati setres sama kerjaan jadi banyak pikiran banget trus muncul deh, ini baru minggu ke 4 sih saya rasa tetep ada tapi udah ada yang mengering gitu tapi juga ada yang coklat juga :'), obat nya cuman positif thinking aja pikir yang heppy heppy aja trus minum obat multivitamin,, bismillah semoga saya cepet sembuh kayak mbk nya aminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga lekas sembuh yaa!πŸ€—

      Delete
  84. Aku muncul didada cuma sebiji gatel bngt udah seminggu ini sih tapi aku nggak nyebar dan ttp cuma sebiji ini doang. Sisiknya tiap hari aku kopekin wkwk

    ReplyDelete
  85. Aku muncul didada cuma sebiji gatel bngt udah seminggu ini sih tapi aku nggak nyebar dan ttp cuma sebiji ini doang. Sisiknya tiap hari aku kopekin wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bukan pity yaa! Sehat terus Icha!πŸ€—πŸ’ͺ

      Delete
  86. Ya Allah, sama persis sama saya alami, waktu setahun yg lalu cuma di lengan tangan atas aja sedikit, eh...sekarang udah kesemua tangan dan kaki,, dan gatal2 memerah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak ria.. salam.kenal..
      Mbak saya juga mengalami ini. Udah k 2 dokter spkk katanya virus dan bisa sembuh sendiri.

      Setelah 2 minggu malah jadi menjadi2 ya mbak.

      Mbak apakah pity ini disertai tenggorokan sakit dan agak2 Sumeng?

      Delete
  87. lagi kena inii, jujur pengen banget cepet2 ilang wkwk. ga kerasa gatel sih kecuali kalo digaruk dikit lgs kerasa. pake herocyn malah nyebar, udah konsul di halodoc sama 2 dokter, dokter kedua yang paling bagus sih penjelasannya. disuruh minum vitamin zegavit.
    mandinya pake sabun oilum atau ga cetaphil (aku pake oilum) terus habis mandi dianjurin pakai lotion la roche posay B5, abis itu pake salep mometasone. salep nya udah sampe abis 5 tube :"") untung salepnya ga pricey, salepnya lumayan ngaruh. di dada uda mulai berwarna coklat, punggung juga. tapi tetep ada aja yang nyebar, dan ternyata emang butuh proses untuk hilang dgn sendirinya yah. dan emang benar sebelum muncul bintik² menyebalkan, ada induknya. aku sendiri munculnya di bagian perut bawah. bentuknya bentol oval gitu, gatal, dan sekarang di aku menghitam dan bersisik. area itu paling guatelll huhu.
    makasih yaa udah mau sharing! jadi ga frustasi lagi setelah baca artikel ini <3 just believe the process aja deh skrg dan gausah terlalu dipikirin

    ReplyDelete
  88. Hallo mbaa riaa,,awalnya saya menyadari bintik2 ini sebelum kena covid, sekitar tahun 2022. Setelah covid sembuhh,,tapii disuatu ketika saya pakai celana jenas yg ketat kayak ada yg jalan di kaki. Awalnya ngga priksa karena saya kira tungau. Setalh itu berjalannya waktu kaki saya sembuh muncul,,gitu terus. Dan baru september kmrin,, setelah saya rutin mengkonsumsi susu..tiba2 waktu pulang kerja gatal tdk tertahan di area pantat dan kaki,, sampai ke RSUD dikasih obat anti virus herclov 500ml, sama loratadine,, awalnyaa mempan merah2nya hilang tapi setelah stress kerjaan dan urusan keluarga akhirnya muncul lagi ruam ruamnya. Mau beli obat herclov tapi mahal 180 rb..akhurnya saya putuskan pakae acyclov 400ml,,yg harganya murah dan pakai salep hijaau dari cina. Alhmdulillah adq perkembangan,,tapi utk bintik2 yg baru masih belum. Saya juga disini pakai sabun bayi, lotion QV, bedak herocyn jika gatal,,serta tiap mapam saya balurin minyak zaitu..agar kulit bisa cepet pulih. Memang betul awalnya dari stress sepertinya, dan kelurga saya juga turunan sakit kulit. Awalnya streess, takut suami saya punya pikiran yg ngga2,,skrang saya sudah bisa nerima dan stop untuk ganti2 sabun dengan ada fragrancenya. Bikin jadi ph kulit ngga stabil..apa mba masih kambuh ?

    ReplyDelete