Tuesday, October 6, 2015

Proyek No.33 : Udang Bakar Madu



Punya udang agak gede di kulkas dan Si Teteh kemarin nyebut-nyebut Restoran Mang Engking yang baru buka cabang baru di Citra Raya. Jadi kepikiran untuk bikin Udang Bakar Madu kayak Mang Engking deh. Udang Bakar Madu-nya Mang Engking emang top banget, tapi lumayan mahal juga harganya. Jadi kenapa nggak coba bikin di rumah aja ya? Udang yang ada di kulkas sih emang bukan udang Galah, tapi nggak papalah, yang penting mah udang, hihi. Ntar kalo berhasil, baru deh coba pake udang Galah beneran. Alhasil, merapatlah ke laptop dan didapatlah beberapa resep Udang Bakar Madu a la Mang Engking.

Ada dua versi, yaitu versi yang udangnya digoreng dulu sebelum dibumbui dan versi yang udangnya langsung dibumbui tanpa digoreng terlebih dahulu. Mana yang benar? Hmm setahu saya sih, pernah lihat di tv waktu ada liputan tentang Restoran Mang Engking, si udangnya itu digoreng terlebih dahulu baru dibumbui. Jadi saya pun mengambil versi yang digoreng terlebih dahulu. Untuk bumbunya, cuma sambel dan saus botolan, kecap manis, lada dan madu. Wah, simpel banget ya? Maka saya pun ngoprek di dapur, mencoba mengolah udang yang, euhh udah 3 harian ngendon di kulkas (semoga masih segar) menjadi udang enak a la restoran.

Dan ternyata udangnya agak kurang segar, ujung kepalanya ada yang mulai kehitaman. Jadi ya sudah, kepalanya dibuang saja. Lagipula anak-anak biasanya emang selalu menyisakan bagian kepala dan ekor di pinggir piring tiap kali makan udang. Nah setelah udangnya dibersihkan, saya tambahkan perasan air jeruk lemon (kebetulan punya) lalu diamkan beberapa saat. Setelah dibilas dan ditiriskan, goreng udang sebentar sampai bentuk udangnya melengkung semua, angkat lalu masukan ke dalam bumbu yang sudah disiapkan.

Untuk bumbunya, saya pakai saus dan sambal botolan, kecap manis, lada hitam, madu dan sedikit garam. Semua diaduk menjadi satu sambil tak lupa dicicipi hingga menemukan rasa yang pas. Udang yang digoreng sebentar tadi dimasukan ke dalam wadah saus lalu diaduk dan ditusuk dengan tusukan sate. Karena nggak mau ribet, udang akhirnya nggak dibakar tapi dipanggang di atas teflon, hehe. Nggak papalah, yang penting ada gosong-gosongnya. Sambil dibolak-balik, udang diolesi sisa saus agar rasanya makin enak dan udangnya tetap lembab.

Akhirnya, saat makan siang pun tiba dan Udang Bakar Madu pun disajikan. Wih, sedapnya! Meskipun bukan udang Galah, rasanya tak kalah enaknya lho dengan udang yang gendut itu. Manis, asam, pedas...yumm!


Resep Udang Bakar Madu

Bahan :
  • 500gr udang ukuran agak besar (kalo ada sih udang Galah), bersihkan kotoran di kepalanya, potong bagian runcingnya
  • Perasan air lemon/jeruk nipis
  • Tusuk sate

Bumbu :
  • 4 sdm saus tomat botolan
  • 3 sdm saus sambal botolan
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt bubuk lada hitam
  • 2 sdm madu
  • 1/2 - 1 sdt garam
Cara membuat :
  1. Udang yang telah dibersihkan diberi perasan jeruk lemon/nipis. Diamkan beberapa saat, setelah itu bilas dan tiriskan
  2. Goreng udang di atas minyak panas, sampai bentuk udangnya melengkung, angkat. Masukan udang ke dalam bumbu saus. Aduk hingga tercampur merata.
  3. Tusuk udang satu persatu dengan tusukan sate lalu bakar/panggang di atas teflon panas. Bolak-balik sambil diolesi sisa saus.
  4. Sajikan









1 comment: