Thursday, November 27, 2014

Proyek No.13 : Oseng Daging A la H. Mamat



Buat yang tinggal di Tangerang, pasti tau dong Rumah Makan Soto H. Mamat. Rumah makannya lumayan banyak sih, ada sekitar 5-6 cabang. Lokasinya ada yang di BSD (depan dealer Suzuki dekat Teras Kota dan samping gerbang De Latinos, ruko Summarecon, ruko Tangcity, ruko Pasar Modern Mutiara Karawaci dan di Jalan Ciater Raya (dekat tol keluar Serpong menuju ke Pamulang). Jadi kalo pun belum pernah makan di sini, paling nggak, pasti sering liat plangnya sambil jalan. Buat yang belum pernah, kudu nyobain deh. Soto sama Oseng Dagingnya enak. Tapi kalo mau makan di sini, harus siap-siap nggak kebagian tempat duduk ya, terlebih kalo datangnya pas jam makan siang. Semua kursi bakal penuh sesak sama pengunjung. 

Nah, yang paling recommended di RM Soto H. Mamat ini menurut saya sih, Oseng Daging-nya. Mantap banget meskipun terbilang sederhana. Satu porsi Oseng Daging ini berisi potongan daging sapi yang ditumis atau dioseng lalu ditaburi bawang goreng beserta semangkuk kuah. Kuahnya ini boleh pilih mau yang bersantan atau yang bening. Buat saya sih pasnya yang bening karena lebih terasa kaldu dagingnya. Menu Oseng Daging ini selalu jadi favorit saya dan suami kalo makan di H. Mamat.

Mau bikin Oseng Daging ala H. Mamat di rumah? Hayu! Bumbunya simpel. Cuma bawang merah, cabe rawit, tomat dan garam. Caranya, iris daging sapi sepeti irisan untuk membuat semur atau rendang. Cuci daging lalu rebus sampai empuk dengan diberi garam secukupnya. Jangan lupa, buih kecoklatannya dibuang ya? Kalo daging sudah cukup empuk, baru deh dipotong-potong seukuran dadu. Potongan daging ini selanjutnya ditumis bersama irisan bawang merah, cabe rawit dan tomat serta beri garam gurih (bila suka). Selesai deh. Rasanya? Kali ini pere dulu deh ke H. Mamat, hehe soalnya sekarang bisa makan Oseng Daging H. Mamat sepuasnya di rumah! ;)



Resep Oseng Daging 

Bahan :

1 kg daging sapi
5 bh Bawang merah, iris
10 bh Cabe rawit, iris
2 bh Tomat, potong dadu
Garam 
Bawang goreng 

Cara membuat :
  1. Iris daging seperti irisan untuk membuat semur atau rendang. Cuci hingga bersih. Rebus bersama garam secukupnya hingga empuk.
  2. Potong-potong daging seukuran dadu, sisihkan
  3. Tumis bawang merah, cabe dan tomat dengan minyak goreng secukupnya, aduk sebentar
  4. Masukan potongan daging, beri garam gurih sesuai selera, tambahkan sedikit air rebusan daging, aduk agar semua bumbu merata
  5. Sajikan dengan taburan bawang goreng dan kuah rebusan daging


Oh iya, untuk resep Soto Betawi A la H. Mamat, bisa dicek di Proyek No.36 : Soto Betawi A la H. Mamat


No comments:

Post a Comment