Wednesday, October 29, 2014

Proyek No.11 : Pepes Ikan Peda


Kelar bikin Pepes Tahu, sekarang giliran bikin Pepes Ikan Peda. Bumbunya cukup diiris-iris aja, simpel nggak perlu diulek. Dan saya lebih suka pepes polos alias pepes tanpa bumbu kuning dari kunyit. Rasanya lebih original aja, biar daging Ikan peda-nya lebih terasa menonjol dibanding bumbu pepesnya. Lebih pas pilih Ikan Peda merah karena dagingnya lebih tebal dan lembut. 

Begitu matang, saya tak sabar lagi untuk segera membedah si pepes ikan asin yang satu ini. Wiih, sedapnya! Wangi daun kemangi, daun bawang, sereh dan lembutnya daging ikan Peda ini betul-betul membuat saya lapar. Meskipun asin (namanya juga ikan asin), tapi begitu disantap dengan nasi putih rasanya mantap banget. Rasanya, nih pepes bakal saya sajikan di acara arisan keluarga nanti! :)

Resep Pepes Ikan Peda

Bahan :

1-2 buah Ikan Peda merah, cuci lalu redam dengan air hangat beberapa menit
1 buah daun sereh, potong-potong
Daun salam secukupnya
Daun kemangi secukupnya
Cabe rawit, secukupnya
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu iris :

2 buah bawang merah
2 buah bawang putih
1 batang daun bawang
2 buah cabe merah

Cara membuat :

  1. Ambil daun pisang, taruh Ikan Peda lalu selimuti dengan bumbu iris, daun salam, kemangi, sereh dan cabe rawit. Bungkus, tutup dan sematkan lidi atau tusuk gigi agar tidak lepas. 
  2. Kukus selama 30 menit
  3. Angkat dan sajikan selagi hangat
Tips : Pilih Ikan Peda merah karena dagingnya lebih lembut. Buang insang dan kotoran pada perut ikan. Caranya, tarik insang keluar dari kepala ikan, otomatis kotoran di perut akan ikut tertarik. Cuci lalu rendam beberapa menit agar rasa asinnya berkurang dan dagingnya lebih lembab.












No comments:

Post a Comment