Wednesday, October 29, 2014

Proyek No.10 : Pepes Tahu




Kali ini saya pengen banget bikin Pepes Tahu sama Pepes Ikan Peda. Saya udah beli daun pisang dari kapan taun, tapi nggak pernah kesampaian bikinnya. Maklum, si bungsu tidur siangnya akhir-akhir ini sebentar banget. Belum sempet gelar lesehan di dapur buat masak, eh udah keburu bangun aja. Jadi acara bikin pepesnya gagal terus. Padahal tiap kali liat itu Ikan Peda di rak dapur, suka ngeces. Kapan bisa nyolek dagingnya yang lembut kemerahan nan asin itu, uh!

Akhirnya setelah tertunda terus, siang ini saya berhasil mengeksekusi daun pisang yang sudah ngendon lama di kulkas. Saking kelamaannya, si daun udah agak menguning tuh. Tapi masih cukup segar dan bisa dipakai buat bungkus pepes. Saya pun mulai menyiapkan bumbu-bumbunya. Kali ini saya pilih bumbu pepes yang simpel aja. Untuk bumbu Pepes Tahu saya skip pemakaian santan dan untuk Pepes Ikan Peda, bumbunya hanya diiris saja, tanpa diulek.

Hasilnya? Waah nggak kalah sama Pepes-pepesan di restoran Sunda deh.  Wilujeng Tuang, selamat makan! :)

Resep Pepes Tahu

Bahan :

1 buah tahu putih ukuran besar, haluskan
1 buah daun bawang, iris halus
Daun Salam secukupnya
1 batang daun sereh, potong-potong kecil
Daun kemangi sesuai selera
Cabe rawit sesuai selera
Daun pisang untuk membungkus
1 sdm garam
1 sdt gula pasir
1 sdt kaldu bubuk
1 butir telur

Bumbu halus :

2 buah bawang merah
2 buah bawang putih
1 buah kemiri
1 cm lengkuas
1 buah cabai merah


Cara membuat :

  1. Campur tahu, bumbu halus, irisan bawang daun, kemangi, cabe rawit, gula, garam, kaldu bubuk dan telur. Aduk rata.
  2. Ambil daun pisang, taruh sehelai daun salam dan sereh lalu sendokkan adonan tahu di atasnya. Tutup daun pisang, sematkan lidi atau tusuk gigi agar tidak lepas. Lakukan sampai adonan pepes tahu habis.
  3. Kukuk pepes selama 30 menit
  4. Keluarkan dan sajikan selagi hangat
Tips :

Agar daun pisangnya mudah ditekuk dan tidak robek saat membungkus pepes, jemur di bawah sinar matahari beberapa saat atau taruh di atas api kompor. Panas api membuat daun pisang lentur/lemas hingga memudahkan pembungkusan pepes.






No comments:

Post a Comment