Wednesday, September 30, 2015

Proyek No.31 : Sup Kimlo



Awal bulan kemarin saya bikin Tekwan untuk acara arisan keluarga di rumah kakak. Dan ini menyisakan beberapa lembar Jamur Kuping dan Sedap Malam di kulkas. Karena judulnya kali ini pengen bersih-bersih, maka Si Jamur Kuping dan Sedap Malam ini harus segera 'angkat kaki' dari dalam kulkas. Tapi diapain ya? Masa iya mau bikin Tekwan lagi. Maka saya pun ingat salah satu jenis sup yang sering disajikan di acara resepsi pernikahan. Kimlo! Ya, Kimlo. Seinget saya sup ini juga memakai Jamur Kuping dan Sedap Malam. Bahan lainnya sih kurang faham, karena jujur saya belum pernah sekalipun masak Kimlo. Alhasil, saya pun mencari-cari resep Kimlo yang pas dan bahannya disesuaikan dengan ketersediaan yang ada.

Dan pagi ini, niat saya untuk mengeksekusi Jamur Kuping dan Sedap Malam terlaksana juga. Dengan mengotak-atik resep yang ada, saya pun berhasil membuat Sup Kimlo yang enak, yang awalnya saya sendiri lupa rasanya Kimlo itu seperti apa, hehehe. Begitu sup-nya matang, barulah saya ingat rasa khasnya Si Kimlo ini. Sedap! Hampir mirip Sup Ayam tapi rasanya unik, karena adanya pemakaian Kecap Ikan dalam kuahnya. Wah besok-besok kalo ada acara, bikin ini aja ah. Bahannya emang agak banyak sih, tapi bikinnya gampang!


Ini dia resep Sup Kimlo versi saya...

Resep Sup Kimlo

Bahan :
  • 250 gr fillet daging ayam (bagian dada), potong kecil-kecil
  • 10 lembar Jamur Kuping, cuci, iris-iris.
  • 10 bh Sedap Malam, rendam air hangat, buat simpul
  • 15 bh Kapri, buang ujung-ujungnya
  • 1/2 lembar kembang tahu, rendam air hangat, iris-iris (saya nggak pake)
  • 1 bh wortel, potong-potong
  • 4 bh bakso ikan/sapi, iris-iris  (saya pake bakso sapi)
  • 2 bh bawang merah, cincang halus
  • 2 bh bawang putih, cincang halus
  • 2 cm jahe, geprek
  • 1/2 sdt lada
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 batang daun bawang, iris-iris
  • 1 batang daun seledri, iris-iris
  • Soun secukupnya, rendam hingga lembut
  • Bawang goreng secukupnya


Cara membuat :
  1. Tumis jahe, bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukan potongan daging ayam, aduk-aduk hingga berubah warna. Tambahkan air kira-kira 2-3 liter atau sesuai selera.
  2. Masukan wortel, Jamur Kuping, Sedap Malam dan kembang tahu. Masak hingga matang.
  3. Tambahkan garam, gula, kecap asin, kecap ikan, lada dan kaldu bubuk. Aduk sambil cek rasanya hingga pas. Tambahkan irisan bakso. Masak hingga mendidih beberapa saat.
  4. Terakhir masukan Kapri dan Soun. Matikan api.
  5. Sajikan hangat dengan irisan bawang daun, seledri dan bawang goreng














1 comment: