Sunday, September 6, 2015

Proyek No.29 : Wiener Schnitzel



Sering beli dada ayam fillet di tukang sayur tapi nggak punya banyak resep untuk mengolahnya. Mau sih nyoba bikin Cordon Bleu, tapi belum kesampaian juga. Niat mah ada, cuma belum nemu "The Moment"-nya aja, kayak "Oke, besok mau bikin Cordon Bleu! Nyari bahannya ah". Nah belum nemu tuh 'trigger'-nya itu sampai sekarang. Tapiii...kayaknya sih sebentar lagi bakal jadi nih bikin Cordon Bleu, secara kemarin saya nemu resep Wiener Schnitzel. Dan gara-gara Si Wiener Schnitzel ini, saya jadi punya stok tepung panir. Melimpah pula, karena kemarin pas beli nggak ada yang kemasan sedang, adanya yang langsung 1 kg! Waduh, banyak banget. Sisanya jelas kudu dipake nih, kalo nggak, mubazir. So, Cordon Bleu is on the row, udah daftar masuk list berikutnya, Insya Allah. Sekarang, ngoprek ini dulu deh, Wiener Schnitzel.

Wiener Schnitzel ini asalnya dari negara Austria dan Jerman . Wiener ini artinya Orang Wina dan Schnitzel itu adalah fillet daging sapi muda yang digoreng dengan tepung roti. Jadi Wiener Schnitzel itu bisa diartikan Schnitzel atau fillet daging sapi goreng tepung buatan orang Wina. Dalam perjalanannya, Wiener Schnitzel ini tak melulu menggunakan daging sapi, namun juga bisa menggunakan daging babi dan ayam. Dan yang saya coba ini adalah Schnitzel dari daging ayam.

Meskipun namanya nampak aneh dan sulit, tapi ternyata bikinnya gampang lho. Jadi fillet dada ayam, diiris hingga menjadi beberapa irisan lebar lalu pukul-pukul agar tipis (hati-hati jangan sampai hancur). Beri garam dan lada lalu balur dengan tepung terigu. Diamkan sekitar 30 menit atau jika tak sabar, bisa langsung dicelupkan ke kocokan telur dan balur dengan tepung panir. Goreng dalam minyak tidak terlalu banyak (tak perlu sampai terendam dan enaknya sih di teflon) dengan jangan terlalu panas agar tidak cepat gosong. Hasilnya? Perfect! Cukup dengan nasi putih ditambah saus sambal dan tomat pun jadi. Atau kalau mau yang kebarat-baratan, tambah dengan irisan lemon, setup sayuran dan saus steak. Enak dan simpel banget! Dijamin anak-anak bakal suka.


Resep Wiener Schnitzel

Bahan :

  • 1 bh fillet dada ayam
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Tepung terigu, secukupnya
  • Tepung panir/roti, secukupnya
  • Garam dan lada halus, secukupnya

Cara membuat :
  1. Iris dada ayam menjadi beberapa irisan, pukul-pukul agar tipis. Beri garam dan lada lalu balur dengan tepung terigu. Diamkan dalam lemari es selama 30 menit.
  2. Celupkan daging ayam ke dalam kocokan telur lalu balut dengan tepung roti
  3. Goreng dalam minyak yang tidak terlalu banyak dengan api tak terlalu besar agar tak cepat gosong.
  4. Sajikan

Catatan : Untuk menghilangkan bau ayam, selain diberi lada dan garam juga bisa ditambahkan susu cair UHT pada fillet tadi. Diamkan dalam lemari es selama beberapa waktu (saya sih semalaman) setelah itu barulah diolah.

1 comment: