Tuesday, September 29, 2015

Proyek No.30 : Cordon Bleu



Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga bikin Cordon Bleu. Setelah punya tepung roti yang melimpah sehabis bikin Wiener Schnitzel, saya jadi semangat praktek resep selanjutnya yaitu Cordon Bleu. Cordon Bleu ini kalo di resto lumayan mahal juga ya? Hehehe kemaren ngintip harga menu Cordon Bleu di Solaria, ternyata sekitar 43-46 ribuan satu porsi. Padahal kalo bikin sendiri, dari 500gr fillet dada ayam seharga 28 ribu, bisa dibikin jadi 4 potong Cordon Bleu. Puas banget kan? Bahan utama Cordon Bleu juga nggak banyak yaitu fillet dada ayam, daging smoked beef, keju yang bisa meleleh dan susu cair UHT. Untuk bikin sausnya bisa dipelajari belakangan karena cukup dengan mayonaise dan saus botolan pun sajian Cordon Bleu udah enak.

Cara membuatnya hampir sama dengan Wiener Schnitzel. Jadi dada ayam dibelah menjadi dua bagian (kalo bisa sih pilih dada ayam yang tebal dan besar). Satu belah dada ayam kemudian dibelah lagi tapi jangan sampai putus agar menjadi potongan yang lebar. Taburi garam dan lada, boleh juga dilumuri susu cair UHT beberapa sendok untuk menghilangkan bau amis ayam, setelah itu sisihkan. Berhubung pada percobaan pertama, si keju-nya nggak begitu meleleh saat Cordon Bleu-nya dipotong, maka saya ganti strategi. Kejunya dibuat setengah meleleh dulu baru dimasukan dalam fillet ayam. Caranya siapkan teflon, olesi sedikit minyak atau margarin lalu masukan potongan Smoked Beef (ambil 2 lembar, kalo 1 lembar kurang). Masak sebentar lalu balik sisi satunya. Taruh satu potong keju Quick Melt di atas Smoked Beef hingga setengah meleleh (apinya jangan terlalu besar ya agar Smoked Beef-nya nggak kering). Taruh Smoked Beef dan keju tadi di atas daging fillet lalu lipat. Beri tepung panir lalu masukan ke dalam kocokan telur. Guling sekali lagi ke dalam tepung panir lalu goreng di atas teflon yang telah diberi minyak goreng. Apinya jangan terlalu besar agar tidak cepat gosong. Balik sisi satunya, masak hingga kecoklatan. Selesai deh.

Hasilnya, mantap! Begitu Cordon Bleu-nya disajikan, cukup diberi mayonais, saus tomat dan sambal botolan,  rasanya enak banget. Apalagi begitu dipotong, si keju-nya meleleh sempurna. Wuihh seneng banget. Alhamdulillah, berhasil juga akhirnya. Saking senengnya jadi nggak bikin saus-nya, hehe. Nggak papa deh, lain kali aja. Yang penting kan bikin Cordon Bleu-nya sukses, nggak brantakan dan keju-nya meleleh. Enak!



Resep Cordon Bleu

Bahan :
  • 500gr fillet dada ayam
  • 1 pack Smoked Beef
  • 1 pack keju Quick Melt
  • 1-2 butir telur, kocok lepas
  • Garam secukupnya
  • Lada hitam secukupnya
  • Susu cair UHT secukupnya (boleh tidak pakai)
  • Tepung panir


Cara membuat :
  1. Belah fillet dada ayam menjadi dua bagian. Tiap satu bagian tadi masing-masing dibelah lagi tapi jangan sampai putus, buka dan lebarkan. Lumuri dengan susu cair, beri garam dan lada secukupnya saja. Sisihkan.
  2. Siapkan teflon panaskan dengan api kecil. Olesi minyak atau margarin. Taruh 2 lembar Smoked Beef, masak satu sisi lalu balik sisi yang lain. Beri potongan keju Quick Melt di atasnya, biarkan setengah meleleh.
  3. Taruh Smoked Beef dan keju tadi di atas fillet daging ayam yang telah dilebarkan. Tutup dengan cara dilipat.
  4. Guling dengan tepung panir, lalu masukan ke dalam kocokan telur. Guling sekali lagi di tepung panir lalu goreng dalam minyak goreng dengan api sedang hingga kuning kecoklatan
  5. Angkat lalu taruh dalam kertas tisu agar minyaknya turun
  6. Sajikan dengan saus atau cukup beri mayonais dan saus botolan















1 comment: