Monday, April 6, 2015

Waffle



Pertama kali nyicip Waffle tuh di Restoran AW. Ceritanya dulu lagi di rest area tol Tangerang, anak-anak ngeluh lapar tapi nggak mau makan berat. Masuklah ke Restoran AW dan nunjuk menu Waffle yang atasnya ditamplokin es krim. Nyobain, kata anak-anak. Dan ternyata, mereka suka banget. Sampai harus nambah satu lagi karena abinya ikut ngerecokin Waffle mereka. 

Beberapa tahun kemudian, saat suami nyari sesuatu di Ace Hardware, saya nemu wajan buat bikin Waffle (Waffle Iron). Tertariklah saya untuk beli dan bikin Waffle sendiri di rumah. Dan ternyata bikin Waffle mirip seperti di AW itu susah juga. Kulit luar Waffle saya nggak bisa garing meskipun rasanya enak. Saya terus mencoba resep Waffle lainnya tapi tetap saja gagal renyah.

Akhirnya setelah sekian lama nyoba, dapatlah satu resep Waffle yang renyah tapi lembut di bagian dalamnya. Seneng banget! Saking senengnya, saya jadi ketagihan bikin Waffle tiap weekend. Umm... kids, jangan mabok ya! :))


Resep Waffle

Bahan tepung :
200 gr tepung terigu
50 gr maizena
1 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
1 sdt garam
1 sdt vanili

Bahan cair:
2 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
480 ml susu cair
12 sdm minyak goreng
4 sdm gula pasir

Cara membuat :
  1. Jadi satu tepung terigu, maizena, baking powder, baking soda, garam dan vanila. Sisihkan
  2. Jadi satu minyak goreng, susu cair dan kuning telur, aduk hingga tercampur. Sisihkan
  3. Kocok  dengan mixer kecepatan sedangputih telur hingga sedikit mengembang lalu tambahkan gula sedikit demi sedikit hingga habis. Kocok sampai kaku
  4. Tuang bahan cair  ke dalam bahan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan mixer kecepatan rendah hingga menjadi adonan licin.
  5. Masukan kocokan putih telur, aduk perlahan hingga tercampur rata
  6. Panaskan wajan Waffle dengan api kecil cenderung sedang, oles dengan butter. Tuang adonan hingga menutup seluruh permukaan wajan. Tutup lalu balik setelah kurang lebih 1 menit.
  7. Keluarkan Waffle dari wajan, oles kulit Waffer dengan butter. Sajikan dengan topping es krim atau stawberry jam, blueberry jam, susu kental manis, terserah sesuai selera.







No comments:

Post a Comment