Friday, July 11, 2014

Proyek No. 7 : Ebi Furai

 

Setiap makan di Hoka-hoka Bento, anak saya yang sulung, Zulfa, selalu milih menu paket yang ada Ebi Furai-nya. " Sukaaa banget udangnya, enak!" begitu ujarnya. Hingga akhirnya saya pun didesak supaya bisa bikin Ebi Furai sendiri di rumah. Awalnya saya nggak tertarik, karena saya pikir pasti bikinnya susah bin ribet. Saya terus aja mengulur-ulur waktu untuk membuat si udang selimutan ini hingga akhirnya saya memberanikan diri membeli sebungkus bread crumbs, tepung roti kasar, di Alfamart.

Oke, saya harus coba bikin Ebi Furai, tekad saya. Saya sendiri sebenarnya nggak tau seperti apa rasanya, berhubung saya alergi udang. Tiap kali masak udang, saya paling berani makan satu atau dua potong udang aja dan itu pun udah cukup membuat bibir dan tenggorokan saya gatal. Tapi, biar pun belum pernah nyoba Ebi Furai, saya yakin bisa bikin sendiri. 

Ebi Furai yang saya bikin ini bahannya sederhana banget. Cukup pake tepung serbaguna dan bread crumbs. Tadinya mau pake telur untuk merekatkan bread crumbs-nya di udang. Tapi setelah dicelup ke adonan tepung serbaguna ternyata bread crumbs-nya bisa nempel kok di udang. So, makin simple aja nih bikinnya. Jadi, setelah udangnya dikupas dan disisakan ekornya, saya buat 2-3 keratan di bagian dalam agar si  udangnya bisa lurus nggak bungkuk lagi. Trus, saya celupkan udang ke adonan tepung serba guna lalu digulingkan ke tepung bread crumbs. Habis itu, tinggal di goreng deh. Cepet dan simpel banget! Hasilnya? Sukses berat! Anak-anak suka sekali dan Ebi Furai pun langsung ludes begitu tersaji di meja makan. Yumm!

Resep Ebi Furai


Bahan : 
1/2 kg udang, kupas kulitnya sisakan ekor
1 bungkus Tepung Serbaguna 
1 bungkus Tepung roti kasar/bread crumbs Mamasuka
1/2 sdm garam
1/2 sdm lada
1 buah jeruk nipis



Cara membuat :
  1. Lumuri udang dengan air jeruk nipis. Diamkan sebentar lalu cuci. Kerat bagian dalam udang sekitar 3 keratan, lalu tarik udang ke bagian luar agar udangnya tegak. Balur udang dengan garam dan lada. Sisihkan.
  2. Ambil tepung serbaguna beberapa sendok, lalu beri air secukupnya, aduk hingga menyerupai adonan kental.
  3. Celupkan udang ke dalam adonan tepung serbaguna, lalu gulingkan ke tepung roti kasar/bread crumbs. Tekan-tekan bread crumbs yang sudah menempel di udang dan rapikan agar bread crumbsnya menempel baik dan bentuknya cantik.
  4. Goreng udang ke dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan.
  5. Sajikan

 
 









No comments:

Post a Comment