Monday, July 7, 2014

Proyek No.6 : Pesmol Ikan Mujaer



 
Salah satu menu favorit anak-anak saya adalah Ikan Pesmol. Awalnya, mereka mencicipi menu Ikan Pesmol  di restoran Ikan Bakar Cianjur. Dan mereka suka sekali! Bukannya saya nggak pernah masak ikan pesmol sih, tapi pesmol yang sering saya bikin sebatas Pesmol Ikan Kembung aja. Nah, sejak kenal Pesmol di restoran Cianjur itu, anak-anak menuntut saya bikin pesmol dari ikan jenis lain, yang lebih gede ukurannya. Karena di tukang sayur seringnya cuma nemu Ikan Mujaer, jadilah saya bikin Pesmol Ikan Mujaer.

Dan ternyata, waktu pertama kali bikin Pesmol Ikan Mujaer, hasilnya sukses berat. Mereka suka sekali karena bumbu Pesmol-nya beda dari Pesmol yang biasa saya buat. Kalau biasanya bumbu Pesmolnya hanya sekedar menyelimuti si ikan, maka untuk yang Mujaer ini sengaja bumbu kuningnya dibikin agak berkuah. Biar mirip Pesmol yang di restoran Cianjur itu, heheh. Meskipun ikan yang dipakai Mujaer, tapi nggak kalah enak kok dengan ikan Gurame atau Nila.

Oh ya, sewaktu bikin Pesmol Ikan Mujaer ini, kebetulan saya habis ngungkep ayam pake bumbu kuning. Sisa bumbu ungkep ayam saya tambahkan aja ke bumbu Pesmol. Dan hasilnya, kuah Pesmol Ikan Mujaer jadi lebih gurih lho!

Resep Pesmol Ikan Mujaer

Bahan :

2-3 buah Ikan Mujaer ukuran sedang/besar
2 batang sereh, geprek dan potong-potong 3cm
2 helai daun salam
1 Jeruk Nipis
10 buah cabe rawit merah besar
1 buah cabe merah besar, iris serong
1 batang daun bawang, potong-potong
1 buah tomat, iris-iris
4 buah bawang merah, belah dua
1 sdm garam
1 sdm gula pasir
3-4 tetes cuka

Bumbu halus :
5 buah bawang merah
5 buah bawang putih
2 buah kemiri
2 cm jahe

Cara membuat :
  1. Cuci bersih Ikan Mujaer, bubuhi jeruk nipis dan garam. Sisihkan
  2. Tumis bumbu halus. Masukan sereh dan salam. Aduk-aduk
  3. Masukan irisan cabe merah, cabe rawit utuh dan bawang merah yang dibelah dua
  4. Tambahkan air sesuai keinginan. Masukan garam dan gula
  5. Masukan irisan tomat dan daun bawang. Aduk-aduk sebentar lalu, sisihkan. Setelah agak dingin, tambahkan cuka 3-4 tetes. Aduk-aduk.
  6. Goreng Ikan Mujaer sampai matang lalu masukan ke dalam kuah pesmol. Angkat ikan, taruh di piring, guyur dengan kuah pesmol.
  7. Sajikan

 


No comments:

Post a Comment