Friday, July 4, 2014

Proyek No.5 : Ceker Mercon

 

Udah lama nggak pernah masak ceker ayam. Sering liat di tukang sayur sih, si ceker ini dicuekin aja nggak pernah dibeli. Habis mau diapain coba? Paling dimasak jadi Sop Ceker Ayam kan? Anak-anak kayaknya lagi nggak tertarik makan sop. Yang ada, saya malah pengen banget bikin sesuatu yang berbau mercon-mercon gitu, yang pedasnya bisa bikin keringet keluar segede jagung, hehehe. Kayaknya, ceker dimasak mercon boleh juga nih! 

Untuk menghilangkan bau, saya rebus ceker dua kali. Yang pertama, ceker dimasukan ke dalam panci lalu direbus sampai airnya mulai terlihat keruh dan berbuih. Air rebusannya saya buang dan ganti dengan air baru. Ceker direbus sekali lagi dengan air baru ditambah sereh, jahe dan garam sampai airnya menyusut dan cekernya empuk. Lalu bumbu mercon-nya seperti bawang merah bawang putih dan cabe rawit besar direbus terlebih dahulu baru dihaluskan. Tumis bumbu mercon, masukan ceker yang sudah empuk beserta air rebusannya. Tambahkan air, garam (jika kurang) dan gula pasir. Masak sampai kuahnya menyusut. Selesai deh. Hasilnya? Huaahh, mantap pedasnya! Meskipun pedas kebangetan tapi tetep nggak tahan untuk nambah dan nambah lagi cekernya, hehehe. Lalu bagaimana dengan nasib anak-anak? Mereka, sekalipun kepedesan, tetap semangat menghabiskan cekernya sembari sekali-kali berkata, "Ummi gila, Ummi gila! Hah hah hah!". Hahaha...


Resep Ceker Mercon

1 kg ceker ayam
1 batang sereh, geprek
3 cm jahe, geprek
1-2 sdm garam
1 sdm gula pasir
1 sdt kaldu bubuk
1 buah jeruk nipis

Bumbu mercon :
10-15 buah cabe rawit besar (atau sesuai selera)
5 buah bawang merah
5 buah bawang putih




Cara membuat :
  1. Cuci bersih ceker ayam lalu lumuri air jeruk nipis. Diamkan beberapa saat.
  2. Rebus ceker dalam air. Setelah air terlihat keruh dan berbuih, buang airnya dan ganti dengan air baru.
  3. Rebus ceker kembali, masukan sereh, jahe dan garam. Masak ceker sampai airnya menyusut dan  matang.
  4. Rebus cabe rawit, bawang merah dan putih sampai layu lalu haluskan
  5. Tumis bumbu mercon yang sudah direbus
  6. Masukan ceker beserta air rebusannya ke dalam tumisan bumbu mercon. Tambahkan kembali sedikit air, garam (jika kurang), kaldu bubuk dan gula. Aduk-aduk sebentar. Masak sampai bumbu mercon meresap ke ceker.
  7. Sajikan
 
 
 
 
 


No comments:

Post a Comment