Thursday, July 3, 2014

Gurihnya Sayur Daun Singkong




Dalam setiap masakan, pasti ada kenangan.  Buat saya, semangkuk Sayur Daun Singkong tak hanya sekedar suguhan irisan daun singkong berkuah kuning kehijauan dengan tebaran ikan teri dan cabe rawit di dalamnya. Ia juga menghadirkan kenangan yang cukup mendalam buat saya. 

Dulu Sayur Daun Singkong adalah salah satu masakan yang dijual orangtua saya di warung. Ya, saya dulu anak tukang warung nasi.Untuk menyambung hidup kami yang 8 bersaudara, Bapak dan Mamah membuka warung makan kecil di rumah. Apa yang dimasak di warung, itu pula yang kami makan sehari-hari. Tapi tentu saja tak semua masakan  bisa kami nikmati, hanya menu lauk biasa nan sederhana saja yang boleh disantap kami. Dan Sayur Daun Singkong adalah sayur yang selalu ada di piring kami selain Goreng Ikan Kembung dan Orek Tempe.

Dan, karena sering ikut membantu masak di warung, otomatis saya jadi tahu beberapa resep masakan, termasuk resep si Sayur Daun Singkong ini. Hafalnya benar-benar nglotok di luar kepala, saking seringnya dulu bikin sayur ini, hehehe. Juga karena sayur yang satu ini rasanya memang enak sih. Jadi rasanya wajib tahu cara masaknya. Meskipun bahannya sangat sederhana tapi sayur ini nagih banget buat saya. Terlebih Ikan Teri dan cabe rawit-nya. Ikan Teri Jengki (Ikan Teri ukuran besar) dalam sayur ini membuat kuahnya terasa sangat gurih. Belum lagi kalau sudah menggigit cabe rawit-nya, wihh pedas-pedas nikmat!

Resep Sayur Daun Singkong

Bahan :

1-2 ikat daun singkong, rebus setengah matang

2 cm lengkuas, geprek
1 batang sereh, geprek
2 lembar daun salam
1 buah tomat, iris-iris
10-15 buah cabe rawit besar
200gr Ikan Teri Jengki (asin)
1 liter santan (banyak & kekentalan sesuai selera)
2 sdm garam
3 sdm gula pasir

Bahan dihaluskan :

5 buah bawang putih
5 buah bawang merah
5 buah kemiri
1 sdm ketumbar
1 sdt lada

Cara membuat :

  1. Didihkan air dalam panci, masukan daun Singkong yang sudah diambil bagian mudanya saja dan sudah dicuci bersih. Rebus hingga daun layu setengah matang. Matikan kompor. Angkat daun singkong setelah agak dingin. Peras daun singkong agar airnya turun.
  2. Iris-iris daun Singkong yang sudah diperas
  3. Tumis bumbu halus sampai harum.Masukan daun salam, sereh dan lengkuas
  4. Masukan irisan daun Singkong aduk-aduk. Masukan santan, garam dan gula pasir 
  5. Masukan ikan Teri. Aduk sekali-kali agar santan tidak pecah.
  6. Terakhir masukan tomat dan cabe rawit. Aduk hingga sayur matang
  7. Sajikan

 




Catatan :
  1. Ikan teri sebaiknya dimasukan dalam keadaan mentah. Jika digoreng terlebih dulu, ikan teri akan terasa alot.
  2. Cabe rawit lebih baik pilih cabe rawit besar dan berwarna merah, Jika berwarna hijau, akan saru dengan daun singkong sehingga hati-hati jika tanpa sengaja tergigit ya!
  3. Banyak dan kentalnya santan sesuai selera. Saya sendiri lebih suka santan yang tidak terlalu kental.










No comments:

Post a Comment