Friday, April 10, 2015

Proyek No.21 : Baked Beans



Saya suka banget Sayur Kacang Merah atau Angeun Kacang Beureum dalam Bahasa Sunda. Tapi, kali ini bukan mau bagi resep sayur khas tanah Pasundan itu. Saya mau sharing bikin Baked Beans, yang juga berbahan dasar kacang merah. 

Baked Beans ini adalah salah satu hidangan untuk sarapan di Inggris (istilahnya English Breakfast) dan Amerika. Baked Beans disajikan bersama telur, roti, sosis atau bacon dalam satu piring. Pertama kali nyicip sarapan bule ini ialah waktu nginep di Hotel Santika Bogor. Kenapa bisa nginep di sini? Biasa, dalam rangka nemenin suami jajal trek sepeda di daerah Bogor, hehe. Oke, jadi saat sarapan tuh ceritanya buanyak banget pilihannya. Ada menu sarapan Nusantara dan menu Barat. Nah di buffet menu Barat, saya nemu kacang merah yang bersaus merah kecoklatan gitu. Dan saat dicoba, wih rasanya oke banget. Rasanya asam manis. Karena selama ini taunya kacang merah tuh cuma dibikin Sayur Kacang Merah atau condiment di Sayur Asem sama di Sop Iga, jadinya excited banget waktu nemu kacang merah dimodel begini. Eh iya, kayaknya pernah sih nyobain menu Chili di Wendy's. Rasanya mirip-mirip dikit sama Baked Beans. Norak? Hehe iya, maklum, pan kita mah jarang nyantap makanan barat. Lidahnya lokalan aja :))

Saya bikin Baked Beans versi saya sendiri, yang seperti biasa, disesuaikan dengan ketersediaan bahan di dapur. Yang nggak ada, lewat! Lagipula banyak banget versi Baked Beans ini. Oh ya meskipun namanya Baked Beans, tapi ada juga yang bikinnya nggak dipanggang, cukup direbus atau disetup aja. Termasuk saya.

Langkah pertama, rebus kacang merah hingga empuk dengan diberi sedikit garam dan gula. Penambahan garam dan gula ini agar si kacang merahnya langsung punya rasa dan cepet ngeblend sama sausnya nanti. Setelah empuk, buang airnya dan ganti dengan air baru. Siapkan bumbu lainnya yaitu bawang bombay dan bawang putih dicincang halus. Tumis di atas wajan lalu masukan tumisan bawang ke dalam panci kacang merah yang sudah diganti airnya. Didihkan kacang merah kembali, tambahkan saus tomat atau pasta tomat, gula merah, madu, lada hitam dan bubuk pala. Aduk sesekali sampai meletup-letup dan rasanya pas. Selesai deh.

Hasilnya? Wah, enak banget! Berhubung bikinnya dari semalem, maka ketika disajikan pagi hari, sausnya jadi lebih meresap ke dalam kacang merah-nya. Lumayan, sarapan anak-anak kali ini jadi terlihat keren, hehe. Baked Beans disajikan dengan roti tawar gandum, Scrambled Egg dan nugget ayam (sosisnya lagi habis). Nggak sempet foto-foto, soalnya keburu sibuk nyiapin seragam anak-anak. Tapi yang jelas, sarapannya oke banget!


Resep Baked Beans

Bahan :

  • 250 gr kacang merah, cuci lalu rebus dengan diberi 1/2 sdm garam dan 1 sdm gula pasir, masak hingga empuk.
  • 1 bh  bawang bombai ukuran kecil, cincang
  • 1-2 bh bawang putih, cincang
  • 6 sendok saus tomat
  • 1 sdt lada hitam bubuk
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1 bh gula merah (15-20 gr)
  • 1 sdm madu
  • 1/2 sdm garam
  • 1/2 sdm  kecap Inggris (optional)

Cara membuat :

  1. Buang air rebusan kacang merah, tambahkan air baru. Sisihkan.
  2. Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Masukan tumisan ke dalam panci kacang merah, rebus kembali.
  3. Tambahkan saus tomat, gula merah, madu, lada hitam, pala dan garam. Aduk rata. Masak hingga kuahnya mengental dan meletup-letup. Cek rasa.
  4. Sajikan dengan roti, telur dan sosis. Nasi putih juga bisa.










No comments:

Post a Comment