Wednesday, January 25, 2017

Proyek No. 38 : Sarden Ikan Salem




Ikan Salem ini salah satu ikan favorit saya. Dagingnya tebel, padet dan gurih kayak Ikan Tongkol. Biasanya sih suka dimasak balado, dibikin siomay murah meriah (alternatif selain Ikan Tenggiri) ato dimasak cabe ijo ( Proyek 24 : Ikan Salem Tumis Cabe Ijo). Nah kali ini entah kenapa pengen nyoba bikin sarden pake Ikan Salem. Di bayangan tuh, kayaknya bakal mirip makarel-nya gitu. Hmm, jadi ngeces sendiri ngebayanginnya hehe. Pokoknya harus bisa dan rasanya harus sama kayak sarden kalengan.

Maka berburulah saya Ikan Salem di tukang sayur. Dapet dan langsung dieksekusi. Yang jadi masalah adalah tulang ikan. Kalo sarden kalengan kan duri atau tulang ikannya bisa dimakan karena empuk, nah ini pasti nggak bisa. Yap, saya belum punya panci presto. Entah kenapa sampe sekarang belum kepikiran untuk beli panci itu, masih suka pake panci biasa aja. Mungkin sehabis sukses bikin sarden ini, saya bakal tertarik untuk beli deh, hehe. Nah, balik lagi ke masalah tulang tadi, maka untuk meminimalisir gangguan durinya (terutama bagian sirip dan sekitar rongga perut), saya matengin dulu Ikan Salemnya dengan cara direbus bersama bawang putih dan jahe. Maksudnya kalo udah mateng kan gampang nyabutin durinya plus biar keliatan cantik. Penambahan bawang putih sama jahe sih supaya nanti bau ikannnya berkurang.

Untuk bumbunya, saya nggak mau yang ribet-ribet. Asli, pengen mirip seperti sarden yang baru dibuka dari kaleng. Polosan aja. Setelah itu sih nanti gampang, tinggal diolah lagi aja mau dimasak kayak gimana. Nah jadi saya cuma pake tomat, bawang putih, bawang bombay, jahe dan lada hitam. Untuk tomat, selain pake tomat asli yang diblender, saya juga pake tambahan saus tomat. Maksudnya sih biar warnanya jadi lebih merah nantinya.

Jadi sehabis Ikan Salem matang dan dibersihkan dari duri, siapkan panci lalu tumis bawang putih dan bawang bombay beserta jahe. Setelah wangi, kecilkan api lalu masukan ikannya. Tambahkan tomat yang sudah diblender, saos tomat, lada hitam, gula dan garam. Tambahkan air sampai ikan seluruhnya terendam agar sausnya nanti meresap. Penambahan air bisa diulang saat nanti sausnya menyusut (jika ingin ikannya bener-bener empuk, bisa dimasak lebih lama).

Begitu matang, saya udah nggak sabar aja pengen nyicip. Nyoba nyubit secuil, hmmm...malah nggak tahan pengen nyomot nasi juga. Ah enak! Rasanya mirip makarel kalengan, cuma nggak seempuk yang kalengan aja bedanya. Tapi kalo rasa, sama lho. Bumbunya malah tambah meresap kalo diangetin lagi untuk disantap besok. Terbukti waktu disajikan, Si Teteh sama Si Aa mengakui kalo Ikan Salemnya enak mirip sarden kalengan, hihi. Satu aja komplen mereka, tulang ikan bagian tengahnya keras nggak bisa dimakan, nggak kayak sarden beneran. Hmm, kayaknya memang kudu beli panci presto nih! 


Resep Sarden Ikan Salem

Bahan-bahan:
  • 5 bh Ikan Salem. Buang kepala dan bersihkan kotorannya. Potong sesuai selera lalu beri jeruk nipis. Cuci.
  • 6 bh tomat, rebus lalu blender
  • 5 bh bawang putih, haluskan
  • 1 bh bawang bombay, cincang
  • 1 cm jahe, iris-iris
  • 150 ml saus tomat
  • 1 sdt lada hitam
  • 1 sdm garam
  • 3-4 sdm gula pasir
  • 1 liter air


Cara membuat :

  1. Rebus Ikan bersama bawang putih geprek dan irisan jahe selama 5 menit. Angkat ikan setelah dingin, buang duri bagian sirip dan rongga perut. Sisihkan.
  2. Tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe hingga wangi
  3. Masukan ikan yang sudah dibersihkan
  4. Tambahkan tomat blender, saus tomat, lada hitam, gula dan garam. Beri air hingga permukaan ikan terendam. Masak hingga air menyusut. Tambahkan lagi air hingga kembali menyusut dan ikan cukup empuk. Jangan lupa cek rasa.
  5. Matikan api. Biarkan sejenak agar semakin meresap
  6. Sajikan langsung atau bisa dimasak lagi dengan bumbu lainnya










1 comment: