Friday, January 16, 2015

Proyek No.17 : Ayam Kuah Pedas



Pengen nyobain bikin ayam yang kuahnya merah trus rasanya pedas banget. Sejauh ini belum nemu resep yang pas, masih terus diulik sih. Kemaren-kemaren pernah bikin, tapi kurang puas bumbunya. Wangi daun jeruk sama sereh rasanya masih belum sreg dipake buat ayam kuah kali ini. Maunya kali ini ayamnya terbebas dari wangi bumbu dedaunan tapi pedasnya tetep meledak, hehehe. 

Akhirnya saya putuskan pakai bumbu simple aja, bawang putih, bawang merah dan cabe rawit besar plus saus tomat dan saus sambel botolan. Jadi bawang merah, bawang putih dan cabe rawit ditumis dulu trus diulek langsung di penggorengan. Biar praktis aja sih, soalnya kan nanti juga ayamnya di masak di penggorengan yang sama. Nah, setelah diulek bumbu cabenya, masukan ayamnya yang sudah dipotong kecil-kecil. Tumis ayam dengan bumbu cabe tadi. Biar warnanya merah, tambahkan saus tomat dan cabe botolan lalu tuang sekitar 2 gelas air. Bubuhi garam, kaldu bubuk dan gula pasir lalu masak sampai daging ayam empuk dan air menyusut. Oh iya, berhubung penggorengannya kekecilan, akhirnya saya transfer tuh masakan ke panci. Ayamnya dimasak dengan api sedang cenderung kecil dan pancinya ditutup. Maksudnya sih, biar hasilnya maksimal. Ayamnya empuk dan bumbunya meresap abis ke ayamnya. Di detik-detik terakhir, saya cemplungin cabe rawit utuh biar rame kuahnya. Hasilnya? Lumayan enak, pedasnya lumayan ngigit. Tapi masih belum puas sih pengen diotak-atik lagi. Tapi untuk sementara, ini resep Ayam Kuah Pedas a la saya.


Resep Ayam Kuah Pedas

Bahan :


  • 1 ekor ayam, potong kecil-kecil
  • 10 bh cabe rawit merah
  • 5 buah bawang merah
  • 5 buah bawang putih
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 3 sdm saus sambal botolan
  • 4 sdm saus tomat


Cara membuat :


  1. Tumis cabe rawit, bawang merah dan bawang putih. Matikan api. Ulek bumbu cabe di penggorengan.
  2. Masukan potongan ayam ke dalam penggorengan. Tumis ayam bersama cabe.
  3. Tambahkan 2 gelas air, garam, gula, kaldu bubuk, saus tomat dan saus sambal. Aduk-aduk sebentar lalu tutup. Masak dengan api kecil hingga ayam empuk dan kuah menyusut.
  4. Masukan beberapa cabe rawit utuh. Cicip hingga rasanya pas. Matikan api.
  5. Sajikan






No comments:

Post a Comment