Friday, April 18, 2014

Proyek No.1 : Gepuk (Nggak Pake Santan Dan Nggak Pake Lama)


Ceritanya anak saya yang nomor dua, Zaki, suka sekali daging Gepuk. Dua  kali saya pernah bikin Gepuk daging sapi yang resepnya saya contek dari hasil Googling di internet. Lumayan berhasil. Tapi kemarin saya nyoba bikin Gepuk daging sapi tanpa resep asli alias improvisasi. Alasannya, karena saya nggak mau ribet, nggak mau pake santan dan  juga karena waktu jam makan sore sudah mepet.                     

Oke, jadi Gepuk yang saya bikin kali ini benar-benar keluar dari pakem resep Gepuk yang sebenarnya, hehehe. Kalau di resep aslinya, daging sapi  direbus dulu baru diiris-iris dan digeprek, nah kalau saya ambil jalur cepat.  Daging sapi di freezer saya keluarkan dan dalam keadaan setengah beku saya iris-iris mengikuti serat. Sekedar cerita nih, dulu saya nekat ngiris dagingnya berlawanan dengan serat. Maksudnya sih biar nanti dagingnya gampang dikunyah. Irisan daging Gepuk yang biasanya mengikuti alur serat itu, kadang alot dan agak lama lumatnya ketika dikunyah. Tapi ternyata, Gepuk yang saya iris berlawanan serat itu akhirnya malah buyar berantakan, jadi mirip serundeng daging! Hahaha, bandel sih. Jadi kali ini saya pun mengikuti aturan mainnya, iris daging sesuai alur serat.

Jadi daging yang sudah diiris  itu saya rebus beserta bumbu seperti bawang putih, lengkuas dan ketumbar yang sudah dihaluskan. Tambahkan garam, gula merah, gula pasir dan sedikit asam jawa. Lalu saat airnya mulai menyusut, matikan kompor. Irisan daging satu persatu digeprek lalu dimasak lagi sampai airnya benar-benar habis. That's it. Tak perlu pakai santan, tak banyak bumbu, masaknya pun cepat. Simpel kan? Makanya Gepuk ini saya beri nama Gepuk Express, hehehe. Dan hasilnya enak banget! Malah menurut saya sih, rasanya jauh lebih enak dibanding dengan Gepuk yang dimasak dengan resep aslinya. Begitu irisan Gepuk-nya digoreng dengan sedikit minyak dan api kecil, warna Gepuknya jadi mengkilat dan terlihat juicy. Disantap dengan taburan bawang goreng dan nasi panas, pas banget deh!



Resep Gepuk Express

  • 1/2 kg  daging sapi setengah beku
  •  1 sdm ketumbar
  • 4 buah bawang putih
  • 3 cm lengkuas
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 buah gula merah atau lebih sesuai selera
  • Secuil asam Jawa
  • 1000ml air
Cara memasak

  1. Daging diiris agak tipis membentuk segi empat, iris mengikuti alur serat.
  2. Haluskan bawang putih, lengkuas dan ketumbar. Masukan bumbu halus dan irisan daging ke dalam panci yang telah diisi 1000ml air.
  3. Masukan garam, gula pasir, gula merah dan secuil asam Jawa, ratakan. Ungkep daging hingga air setengah menyusut.
  4. Matikan api. Angkat daging satu persatu, geprek hingga agak melebar, masukan kembali ke dalam panci. Masak hingga airnya menyusut habis.
  5. Siapkan wajan anti lengket, beri sedikit minyak goreng.
  6. Goreng daging Gepuk dengan api kecil. 
  7. Sajikan dengan taburan bawang goreng 
Catatan

  • Jika dagingnya tidak dalam kondisi beku (disimpan di freezer sebelumnya), cukup rebus dagingnya terlebih dahulu, diiris, digeprek dan diungkep. Ini memang sesuai resep asli Gepuk. Jika daging sudah disimpan di freezer, diamkan hingga agak mencair. Hal ini supaya daging mudah diiris dan potongan lebih rapi.
  • Goreng daging Gepuk tidak terlalu lama agar dagingnya tidak keras dan gosong.
  • Sisa bumbu ungkepan bisa digoreng lalu dibalurkan ke daging Gepuk yang sudah matang. Bumbu ini akan menambah rasa manis dan gurih pada Gepuk.

No comments:

Post a Comment