Thursday, April 24, 2014

Proyek No. 2 : Sayur Lodeh







Selama ini, saya belum pernah nyoba bikin sayur yang namanya Sayur Lodeh. Dulu sepertinya sih pernah bantuin Mamah masak sayur yang hampir mirip Sayur Asem ini. Sekedar bantuin motongin sayurannya aja, tanpa tahu bumbunya seperti apa, hehehe. Alhasil setelah berumah tangga, saya belum pernah sekali pun masak Sayur Lodeh. Padahal, saya sudah menikah hampir 14 tahun! *nutup muka*

Kenapa juga sekarang saya tertarik pengen nyoba bikin Sayur Lodeh? Selain karena bosen dengan sayur sederhana yang itu-itu aja, saya sudah punya satu bungkus paket Sayur Asem (yang sudah ngendon di kulkas berhari-hari) dan perlu 'dieksekusi' secepatnya sebelum keburu berakhir di tempat sampah. Jadi ini adalah first experience masak Sayur Lodeh. 

Setelah ngintip beberapa resep Sayur Lodeh di internet, akhirnya saya memutuskan untuk membuat Sayur Lodeh versi saya sendiri. Saya coba menyederhanakan semua bumbunya terutama santan. Saya kurang begitu suka masakan bersantan. Jadi untuk kali ini, saya hanya memakai santan secukupnya saja dan kebetulan saya pun cuma punya satu bungkus santan instan di kotak persediaan. Intinya sih, ini seperti masak Sayur Asem diberi santan, karena itu saya membuatnya pun dengan bahan-bahan dan bumbu yang sama dengan Sayur Asam. Simple banget.

Resep Sayur Lodeh

Bahan
1 bungkus paket Sayur Asem (biasa ada di tukang sayur) terdiri dari
  • Kacang panjang, dipotong-potong 3 cm
  • Labu, dipotong dadu
  • Jagung, dipotong-potong 2cm lalu belah dua
  • Daun Melinjo, secukupnya
  • Melinjo, secukupnya
Tempe, secukupnya dan dipotong kotak
1 buah terong ungu, dipotong 2cm, belah dua
3 buah cabe hijau, iris 
2 buah cabe merah, iris
3 buah bawang merah, iris-iris
3 buah bawang putih, iris-iris
2 buah daun salam
Lengkuas, 1 ruas ibu jari
1 kotak santan instan, atau sesuai selera (karena kebetulan tidak punya kelapa, saya pakai santan instan saja)
1 sendok makan terasi
Garam 
Gula pasir

Cara memasak

  1. Masukan bumbu iris yaitu bawang merah, bawang putih, lengkuas yang sudah digeprek, daun salam dan terasi ke dalam panci yang sudah diisi sekitar 8-10 gelas air. 
  2. Masukan labu dan melinjo, rebus sampai matang
  3. Masukan terong ungu lalu beri santan, garam dan gula. Aduk perlahan agar santan tidak pecah
  4. Masukan tempe
  5. Masukan jagung
  6. Terakhir, masukan kacang panjang, daun melinjo, cabe hijau dan cabe merah. Aduk sebentar. Setelah dirasa garam dan gulanya pas,  matikan api
  7. Sayur Lodeh siap disajikan

Catatan:
Jika ingin Sayur Lodehnya lebih kental dan gurih, tinggal tambah santannya saja sesuai selera.


 



Ternyata bikin Sayur Lodeh itu simple banget, ya! :)

No comments:

Post a Comment