Friday, February 13, 2015

Proyek No.20 : Coffee Cake



Suami kemarin ultah. Seperti biasa, saya akan selalu membuatkan kue tart saat anak-anak atau suami ulang tahun. Biasanya saya bikin coklat cake tapi berhubung  suami nggak begitu suka coklat (ngakunya sih, padahal mah kalo liat ada Silverqueen, mau juga. Hehe), akhirnya saya putusin bikin cake kopi.

Setelah muter-muter nyari resep Coffee Cake yang mudah dan bahannya nggak ribet, akhirnya nemu satu resep dari Majalah Saji edisi jadul. Ga ngikutin persis sih seperti yang di resep. Ada yang saya rubah baik takaran maupun bahan. Seperti misalnya gula halus, saya ganti jadi gula pasir dan gula palem. Juga pemakaian terigu yang saya kurangi karena takut cake-nya terlalu padat. Maklum, resep yang saya contek aslinya adalah Cake Pisang Capuccino.

Setelah berkutat di dapur dengan beberapa kali jeda (biasa, ngurus si kecil dulu) akhirnya kue tart Coffee Cake-nya kelar juga. Hasilnya alhamdulillah enak, pake banget! Hehe karena cake-nya enak, empuk dan kopinya  terasa. Butter krim kopinya selain lembut juga ada sensasi 'kres-kres' dari butiran gula kopi yang belum tercampur halus. No problem. Justru menurut saya sih ini yang bikin krimnya unik, nggak bikin enek. Karena crunchy-nya ini bikin nagih untuk nyuap lagi dan lagi cake-nya sampe abis.


Resep Coffee Cake

Bahan :
  • 4 bh telur
  • 200 gr margarin atau 150 gr margarin+50 gr butter
  • 50 gr gula palem
  • 75 gr gula pasir
  • 2 sachet kopi instan
  • 190 gr terigu protein sedang
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdt baking powder
  • 50 ml susu cair
  • 100 gr dark chocolate untuk hiasan
Krim :
  • 100 gr mentega putih
  • 50 gr butter
  • 1 sachet kopi instan
  • 150-180 ml susu kental manis

Cara membuat :

  1. Cake : kocok margarin dan gula sampai lembut. Tambahkan kopi instan, kocok rata.
  2. Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan tepung sambil diayak dan dikocok perlahan.
  3. Masukan sisa tepung, maizena dan baking powder sambil diayak. Tambahkan susu cair. Kocok perlahan.
  4. Tuang di loyang yang telah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Oven dengan suhu 180°C.
  5. Keluarkan cake dari oven. Diamkan hingga agak dingin lalu keluarkan dari loyang. Lepas kertas roti, taruh cake di alas yang pas. Belah cake menjadi 3 layer.
  6. Krim : Kocok mentega putih dan butter hingga lembut. Tambahkan susu kental manis dan kopi instan. Kocok rata.
  7. Olesi tiap layer dan tutup seluruh permukaan cake dengan krim. Hias dengan dark chocolate.










No comments:

Post a Comment